Kediri (Antara Jatim) - Minum madu bersama menjadi kegiatan unggulan dalam Festival Sumber Podang 2017 di Desa Joho, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, sebagai bagian dari mengenalkan potensi daerah. 
     
"Kami sengaja menyelenggarakan kegiatan ini. Tujuannya mengenalkan potensi madu Desa Joho pada masyarakat, tidak hanya di dalam desa tapi hingga luar Kediri," kata Kepala Desa Joho Deddy Saputra di Kediri, Sabtu.
    
Ia mengatakan, produksi madu di Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, ini cukup berlimpah. Lebah-lebah bisa hidup dengan baik dan tanaman juga tumbuh subur, sehingga stok makanan untuk lebah juga melimpah. 
     
Lebih lanjut, ia mengatakan di tempat ini juga sengaja dijadikan sebagai salah satu sentra wisata madu. Ada beragam madu hasil produksi warga dari tempat ini. Dengan menjadi desa serta sentra wisata, diharapkan daerah ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata baru, terutama di barat sungai. 
    
"Kami ingin tempat ini lebih dikenal dan menjadi tujuan wisata Kabupaten Kediri di area barat sungai," ujar Deddy. 
     
Dalam kegiatan Festival Sumber Podang 2017 tersebut, pihak desa menyelenggarakan beragam kegiatan salah satunya minum madu bersama. Acara ini sengaja diselenggarakan bersamaan di bulan Suro, sekaligus sebagai kegiatan bersih desa. 
     
Sementara itu, salah satu pembudi daya lebah, Sunarwan mengaku senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ia ikut menyumbangkan madu hasil budi daya dari peternakannya, sebagai wujud berbagi pada sesama.
    
Ia mengatakan, madu hasil produksi warga di desa ini kualitasnya tidak kalah dengan produksi daerah lain. Ia juga berharap, dengan produksi madu unggulan di desa ini, semakin banyak wisatawan yang berkunjung. Dengan itu, roda perekonomian warga juga bisa semakin berputar. 
     
"Saya senang dengan kegiatan ini. Wisatawan yang selama ini datang selaink menikmati kuliner saat pulang bisa membeli oleh-oleh khas yaitu madu hutan. Tentunya dengan harapan nantinya akan semakin meningkatkan roda ekonomi warga Desa Joho," katanya berharap.
     
Kegiatan minum madu bersama itu diikuti ratusan warga baik dari Desa Joho serta luar desa. Mereka penasaran dengan kegiatan festival yang diselenggarakan di daerah ini. Terlebih lagi, ada informasi minum madu bersama serta bisa menikmati pemandangan alam di tempat ini.
     
Dalam acara ini, panitia juga menyediakan ratusan gelas madu. Mereka bisa mencicipi madu hasil budi daya para peternak di daerah ini. Setelah doa bersama, warga juga berebut mendapatkan gelas berisi madu tersebut. Walaupun dipadati pengunjung, kegiatan juga berlangsung dengan tertib dan lancar. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017