Pamekasan (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan di Pulau Madura, Jawa Timur kini mulai melakukan verifikasi partai politik baru yang mengajukan diri untuk menjadi peserta pemilu mendatang.

"Penyetoran berkas verifikasi sudah kami lakukan sejak kemarin dan akan berlangsung hingga 16 Oktober 2017," kata Ketua KPU Kabupaten Pamekasan Hamzah kepada Antara per telepon, Rabu sore.

Jumlah partai politik di Kabupaten Pamekasan yang telah terdata di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik setempat sebanyak 14 parpol.

Sedangkan, parpol baru menurut Ketua KPU Hamzah, hingga kini masih dalam proses verifikasi.

"Hingga hari ini, baru ada tiga parpol yang mendaftar ke KPU untuk diverifikasi," ujarnya, menjelaskan.

Ia menjelaskan, ketiga parpol baru tersebut, masing- masing Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Partai Garuda), Partai Republik dan Partai Perindo.

Ketua Partai Garuda Ahmad Ridho Sabana, sedangkan Partai Republik dipimpin Marwah Daud Ibrahim, sedangkan Partai Perindo Hary Tanoe Soedibjo.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Pamekasan Hamzah, pendaftaran verifikasi parpol telah dibuka sejak tanggal 3 sampai 16 Oktober 2017.

"Khusus partai baru yang belum pernah ikut pemilu ini, nantinya sistem verifikasinya adalah adaministrasi dan faktual, yakni mendatangi secara langsung ke lapangan," ujar Hamzah. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017