Jember (Antara Jatim) - Sejumlah kegiatan karya bakti dan bakti sosial yang melibatkan seluruh elemen masyarakat mewarnai rangkaian HUT ke-72 TNI di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Diharapkan partisipasi masyarakat tersebut memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat, sehingga menjadikan TNI semakin kuat, semakin hebat, serta disegani lawan seperti harapan Presiden  Joko Widodo," kata Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto di Jember, Kamis.

Kegiatan karya bakti yang sudah dilakukan di antaranya membersihkan walet Dam Payung Desa Wringin Agung Kecamatan Jombang dan membantu membangun Masjid Baitussalam Desa Wonoasri di Kecamatan Tempurejo.

Menurutnya pelaksaaan upacara gabungan peringatan HUT ke-72 TNI digelar di Kodim 0820 Kota Probolinggo, sehingga Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang tidak menggelar upacara peringatan HUT TNI tersebut.

"Meskipun tidak ada upacara, kami telah melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan anggota bersama semua elemen masyarakat. Hari ini telah dilaksanakan ziarah nasional dalam rangka memberikan penghormatan kepada para pahlawan dan pemberian bantuan kepada yayasan anak yatim," tuturnya.

Ia mengatakan TNI akan selalu mengajak masyarakat untuk waspada terhadap paham-paham asing yang berupaya merongrong Pancasila, sehingga kegiatan seperti nonton bareng film penghianatan G30S/PKI sebagai salah satu upaya TNI untuk mengingatkan seluruh anak bangsa Indonesia tentang sejarah Indonesia dalam menjaga kedautatan dan keutuhan NKRI.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah banyak membantu kegiatan peringatah HUT ke-72 TNI di Kabupaten Jember, sehingga diharapkan Indonesia lebih baik dan mampu menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI karena bersama rakyat, TNI kuat," ujarnya.

Sementara itu, ratusan siswa dan guru SD Unggulan Nurul Huda mendatangi Markas Koramil 0824/03 Kalisat yang berjarak sekitar 7 kilometer dengan berjalan kaki sambil membawa spanduk bertuliskan ucapan "Dirgahayu HUT Ke-72 TNI Tahun 2017, Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat dan Profesional".

Kepala Sekolah SD Nurul Huda Mahfud dalam sambutannya mengatakan sekolahnya sangat dekat dengan TNI karena Babinsa yang sering singgah di sekolah, bahkan sering memberikan wawasan kebangsaan kepada siswanya.

"Setiap HUT TNI, anak-anak minta diantar jalan ke Koramil untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada TNI," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017