Bangkalan (Antara Jatim) - Jamaah haji asal Kabupaten Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur yang tergabung dalam kloter 55 dan 56 embarkasi Surabaya akan tiba di daerah asalnya pada 26 September 2017.

Penjemputan kedatangan jamaah di Gedung Rato Ebuh langsung oleh bupati dan forum pimpinan daerah (Forpimda) Pemkab Bangkalan," kata Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Wafir di Bangkalan, Senin.

 Ia menjelaskan, jadwal pemulangan jamaah itu, sesui dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara ibadah haji (BPIH).

"Hari ini, mereka tiba di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya dan besok akan tiba di Bangkalan," ujar Wafir.

Jumlah jamaah haji asal Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur yang menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun ini sebanyak 604 orang yang tergabung dalam kloter 55 dan kloter 56.

Menurut Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Wafir, dari jumlah itu, dua orang diantaranya meninggal dunia di Tanah Suci Mekkah, yakni Sri Wiryono (75) jemaah haji asal Kecamatan Kota, Bangkalan dan Abdul Latif (92) warga Kelurahan Pangeranan, Bangkalan.

Kedua jamaah haji itu meninggal dunia, akibat penyakit komplikasi yang dideritanya dan keduanya memang telah berusia lanjut, dan termasuk jamaah berisiko tinggi.

"Dengan demikian, maka jumlah jamaah haji yang akan kembali hanya 602 orang dari sebelumnya sebanyak 604 orang," katanya, menjelaskan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017