Surabaya (Antara Jatim) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur menyebut masih terdapat satu nama kandidat, yaitu Saifullah Yusuf yang sudah melakukan komunikasi politik menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat 2018.

"Dari beberapa nama yang mencuat, masih Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang sudah berkomunikasi, sedangkan nama-nama lainnya belum," ujar Sekretaris Umum DPW PKS Jatim Irwan Setiawan ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu.

Anggota DPRD Jatim itu mengaku bahwa partainya berpotensi besar merapat ke kubu kandidat yang juga diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Apalagi, kata dia, partainya memiliki regulasi penjaringan yang tak harus membuka mekanisme penjaringan bakal calon, tetapi cukup komunikasi politik.

"Figur mana yang telah melakukan komunikasi politik, itu yang menurut kami paling serius," ucapnya.

Kendati demikian, partainya menyatakan belum secara bulat mengarahkan dukungan ke Gus Ipul dan masih mempertimbangkan untuk melakukan komunikasi dengan pihak lain, di antaranya Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) maupun partai lainnya.

"Apalagi PKS wajib berkoalisi dengan partai politik lain jika ingin mengusung pasangan calon karena hanya memiliki enam kursi dari 20 kursi yang dipersyaratkan," katanya.

Politikus muda tersebut memastikan partainya akan berpartisipasi aktif pada Pilkada yang diselenggarakan 27 Juni 2018 dengan mengusung calon dengan potensi kemenangannya besar.

"Dua periode sebelumnya PKS aktif dan mengusung pasangan calon. Untuk Pilkada mendatang, PKS tetap aktif dan segera akan diumumkan rekomendasi dari partai," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017