Surabaya (Antara Jatim) - Sebanyak 391 pesilat disahkan sebagai warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Surabaya 2017 di Graha Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut Surabaya, Jumat.

"Setelah disahkan maka 319 pesilat tersebut menjadi warga baru PSHT Cabang Surabaya," ujar ketua panitia pengesahan warga baru PSHT, Sujari, kepada wartawan sebelum pengesahan.

Pihaknya berharap kepada warga baru PSHT bisa mengembangkan dan membesarkan organisasi sesuai kemampuan dan bidangnya masing-masing, seperti bergerak di kepelatihan maupun prestasi.

"Mereka yang muda harus bersemangat mengembangkan PSHT agar semakin besar, mampu membawa nama baik organisasi di masyarakat serta menunjukkan prestasi yang luar biasa," ucapnya.

Khusus di bidang prestasi, kata dia, sejumlah pesilat dari PSHT tidak diragukan lagi kualitasnya karena terbukti mampu membawa nama baik pencak silat Indonesia di mata dunia.

"Mereka banyak yang tampil di PON, SEA Games serta kejuaraan nasional maupun internasional lainnya. Ini sangat membanggakan dan ke depan harus selalu terjaga, bahkan lebih baik," kata koordinator pelatih PSHT Cabang Surabaya tersebut.

Sementara itu, prosesi pengesahan yang digelar setahun sekali setiap bulan "Syuro" tersebut diawali dengan penampilan siswa asal ranting-ranting di Kota Surabaya, kemudian acara seremonial dan dilanjutkan dengan prosesi pengesahan.

"Seremonialnya dihadiri sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, aparat keamanan, IPSI, KONI hingga tokoh-tokoh yang selama ini menjadi tulang punggung organisasi selama berada di rayon, ranting maupun komisariat," katanya.

Khusus prosesi pengesahan, lanjut dia, digelar secara internal dan dilakukan menjelang tengah malam hingga pagi hari. (*) 
Video oleh: Fiqih Arfani

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017