Tulungagung (Antara Jatim) - Satuan Lalu Lintas Polres Tulungagung, Jawa Timur membuat terobosan dengan memberikan layanan SIM (surat izin mengemudi) gratis sehari, khusus untuk pemohon yang berulang tahun pada 22 September.

"Layanan spesial ini diberikan dalam rangka Hari Polantas yang jatuh pada hari ini, 22 September," kata Kasat Lantas Polres Tulungagung Iptu Muhammad Supari di Tulungagung, Jumat.

Salah satu pemohon yang beruntung karena hari ulang tahunnya bersamaan dengan HUT Polantas adalah awak jurnalis media televisi lokal KSTV, Anam.

Ia mengaku secara tidak sengaja mendapat informasi adanya program layanan SIM gratis untuk pemohon yang memiliki tanggal lahir sama dengan HUT Polantas.

Anam mengaku tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan mengajukan berkas perpanjangan SIM miliknya dan langsung jadi saat itu juga.

Simbolis penyerahan SIM gratis diberikan langsung oleh Kaur Regident Satlantas Polres Tulungagung kepada Anam yang juga Wakil Ketua GP Ansor Cabang Tulungagung itu.

"Alhamdulillah, semoga Polantas Tulungagung semakin profesional dan prima dalam melayani masyarakat," ucap Anam usai menerima simbolis kartu SIM C, sesuai pengajuannya.

Dalam penjelasannya, Supari menyatakan program layanan SIM gratis hanya berlaku khusus untuk pemohon perpanjangan.

Sedangkan untuk pemohon baru atau pengajuan pembuatan SIM pertama kali, tidak masuk dalam program ini, ujarnya.

"Itupun ada persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya SIM lama tidak mati dan lolos tes kesehatan," katanya.

Bagi yang lulus persyaratan seperti Anam, kata Supari, Satlantas Polres Tulungagung membebaskan dari segala biaya administrasi, baik bagi pemohon SIM A maupun C.

"Informasi mengenai program SIM gratis tadi kami umumkan di tempat. Jadi yang sedang berulang tahun pada hari ini bisa langsung mengurus," imbuhnya.

Septiana, pemohon perpanjangan SIM lain yang juga sedang berulang tahun pada hari yang sama mengaku gembira dengan kejutan program dari satlantas tersebut.

Ia bersama pemohon SIM lain yang beruntung bergegas mengajukan berkas-berkas persyaratan ke bagian administrasi Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (SATPAS) Polres Tulungagung.

"Terima kasih Polantas. Semoga sering-sering ada program gratisan mencari SIM seperti ini," ucap Septiana.

Sementara itu, Supari dalam keterangannya menyampaikan pesan agar seluruh warga Tulungagung, terutama pengguna jalan raya, dapat menaati peraturan dan rambu-rambu lalu lintas dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan dan ketertiban berlalu lintas.(*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017