Pamekasan (Antara Jatim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, Jawa Timur berhasil mencegah kebakaran hutan bantu, meluas ke perkampungan warga yang sebelumnya membuat warga sempat panik, dan sebagian berteriak histeris, khawatir kobaran api menjalar ke rumah mereka karena lokasi kejadian sangat dekat dengan perkampungan.

"Berkat kesigapan teman-teman tim dan bantuan warga sekitar, kami bisa mencegah kobaran api meluas," Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, Budi Cahyono.

Menurut Budi Cahyono, hutan bambu di area perkampungan padat penduduk di Jalan Bazar, Pamekasan, Madura, Jawa Timur itu, terbakar, Kamis siang.

Belum diketahui penyebab kebakaran ini, namun dugaan sementara petugas tim pemadam kebakaran, karena udah oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

"Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tapi dugaan sementara, karena ulah oknum masyarakat," ujar Budi.

Lokasi kebakaran hutan bantu ini, terletak bersebelahan dengan lahan tebu yang sudah berulang kali dibakar oleh oknum warga, namun masih berhasil dipadamankan petugas.

"Kalau lahan tebu yang sering terbakar, dan tim kami sudah sering diterjunkan kesana, memang diketahui karena unsur kesangajaan. Tapi khusus kebakaran hutan bambu yang tadi, kami belum mengetahui pasti," katanya, menjelaskan.

Kebakaran yang terjadi di Jalan Bazar kali ini merupakan kali kelima sepanjang 2016 hingga September 2017 ini. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017