Bangkalan (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Jawa Timur melakukan seleksi calon duta wisata berwawasan kreatif dan mampu mempromosikan potensi wisata di wilayah itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangkalan Lily Setiawati, Kamis mengatakan, penjaringan duta wisata itu, dimaksudkan untuk mencari kader potensial dari kalangan remaja dan pemuda Bangkalan dalam upaya memasarkan potensi wisata di wilayah itu.

"Mereka yang terpilih sebagai duta wisata Bangkalan terbaik nantinya, akan bertugas membatu Pemkab Bangkalan dan kelompok sadar wisata yang ada di Bangkalan untuk memasarkan tentang potensi wisata di Bangkalan," ujarnya di Bangkalan.

Lily menjelaskan, promosi wisata penting dilakukan, agar objek wisata yang ada di Bangkalan dikenal luas oleh masyarakat.

Wisatawan, sambung dia, tertarik untuk berkunjung ke suatu daerah, salah satunya melalui promosi.

"Selain bertugas melakukan promosi wisata dengan baik, duta wisata yang terpilih ini nantinya juga mengenalkan budaya Madura kepada wisatawan yang datang ke Bangkalan ini," katanya.

Oleh karenanya, sambung dia, salah satu ketentuan yang ditetapkan oleh panitia penjaringan duta wisata Pemkab Bangkalan itu, duta wisata harus menguasai bahasa dan budaya lokal Madura.

"Tentunya juga harus bisa berbahasa asing, karena wisatawan yang kami harapkan bukan hanya wisatawan lokal, akan tetapi juga wisatawan asing. Apalagi saat ada momentum festival karapan sapi, biasanya banyak wisatawan asing yang datang ke Madura, termasuk ke Bangkalan ini," kata Lily Setiawati.

Sementara itu, kalangan remaja dan pemuda yang berpartisipasi aktif pada penjaringan duta wisata yang digelar oleh Pemkab Bangkalan mulai September 2017 dari sejumlah lembaga pendidikan dan perguruan tinggi di Kabupaten Bangkalan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017