Surabaya (Antara Jatim) - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Akhmad Sukardi mengatakan pameran otomotif yang digelar Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) bertajuk "GIIAS" 2017 di Surabaya, dapat menyumbang ekonomi wilayah setempat.

"Membeli mobil di GIIAS ini sekaligus bisa membangun ekonomi Jawa Timur, karena kami dapat biaya balik nama 10 persen yang masuk," kata Sukardi, usai secara resmi membuka GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Pusat Perbelanjaan Grand City, Surabaya, Rabu.

Sukardi dalam acara itu, juga melakukan kunjungan ke sejumlah stan pameran milik beberapa perusahaan otomotif, dan melihat beberapa mobil keluaran terbaru, seperti Honda Civic Type-R, sedan milik Honda yang diproduksi terbatas.

Selain itu, Sukardi juga mengunjungi stan Mitsubishi yang menampilkan varian terbaru dari segmen Low MPV, Expander.

Ketua 3 Gaikindo, Rizwan Alamsyah mengakui, pagelaran GIIAS di Surabaya sengaja untuk memberi kesempatan masyarakat Surabaya melihat langsung kendaraan terbaru dari merek ternama.

Sementara itu, pameran digelar dari tanggal 20-24 September, dan merupakan lanjutan dari pameran serupa yang digelar di Makassar Mei 2017, lalu di ICE BSD Tangerang, dan kini Surabaya.

GIIAS Surabaya memamerkan sebanyak 32 merek kendaraan bermotor anggota GAIKINDO serta 47 model kendaraan terbaru.  

Berdasarkan data GAIKINDO, kinerja penjualan mobil di Jawa Timur selama semester I/2017 mencapai 64.000 unit, tumbuh 2,7 persen dibanding periode yang sama tahun 2016.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017