Pamekasan (Antara Jatim) - Anggota DPRD Jatim asal Kabupaten Pamekasan Badrut Tamam meminta agar pemberitaan media terkait pelaksanaan Pilkada Pamekasan 2018 santun dan mendidik, sehingga tidak menciptakan suasana panas antarkelompok pendukung.

"Berita santun, mencerahkan dan mendidik publik harus dikedepankan, karena media memiliki peran penting dalam ikut menciptakan suasana kondusif," katanya di Pamekasan, Kamis.

Badrut Tamam mengemukakan hal itu menanggapi kecenderungan di beberapa daerah di Indonesia yang telah melaksanakan pilkada selama ini.

Politikus muda dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini lebih lanjut menjelaskan, media memiliki peran penting dalam ikut menciptakan suasana kondusif melalui pemberitaan yang disiarkan di medianya masing-masing kepada publik.

"Jika pemberitaan media adem, tidak profokatif dan mengedepankan pendidikan politik pada publik, saya yakin Insya Allah situasi juga akan berlangsung damai," ujarnya.

Badrut mengaku, dirinya sangat berkepentingan agar pelaksanaan pesta demokrasi di Pamekasan berlangsung dengan sejuk dan damai.

"Dalam setiap kegiatan dan pertemuan dengan masyarakat, ajaran berpolitik secara santun dan damai ini selalu kami sampaikan," ujar Badrut.

Sebelumnya dalam dialog terbatas bertema "Menuju Pilkada Damai Pamekasan 2018" di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan beberapa hari lalu, Badrut menyatakan, pilkada harus dimaknai sebagai salah satu ijtihad masyarakat Pamekasan untuk memilih pemimpim yang baik.

Oleh karena tujuannya untuk memilih pemimpin yang baik, maka tahapan yang harus dilakukan untuk mewujudkan pemimpin yang baik itu harus dengan cara yang baik pula.

"Sebab, tidak mungkin kita bisa mendapatkan hasil yang baik, apabila tahapan pemilihannya tidak dilakukan dengan cara yang baik pula," katanya, menjelaskan.

Badrud Tamam merupakan satu dari tiga Bakal Calon Bupati Pamekasan yang akan bersaing memperebutkan dukungan masyarakat pada pilkada yang akan digelar 2018.

Dua bacabup lainnya masing-masing Kholilurrahman, juga dari PKB dan mantan Kepala Syahbandar Tlanakan, Pamekasan Rudy Susanto.

Badrut mencalonkan diri sebagai Bacabup Pamekasan atas dorongan dari Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017