Sumenep (Antara Jatim) - Rumah warga di sekitar objek wisata di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, akan dioptimalkan sebagai tempat inap wisatawan.

"Alhamdulillah, tempat kami mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak dua tahun belakangan ini dan sebagian menginap. Kami mulai meminta warga sekitar agar menyiapkan rumahnya sebagai alternatif tempat inap wisatawan," ujar Pengelola Pantai Sembilan, Sutlan di Sumenep, Rabu.

Pantai Sembilan adalah objek wisata baru di Sumenep yang terkenal dengan cekungan alami pasir pantainya menyerupai angka 9 (sembilan). 

Pada tahun ini, Pantai Sembilan yang berada di Pulau Giligenting itu menjadi objek wisata tujuan delapan rombongan wisatawan mancanegara (wisman).

Sesuai data di Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sembilan sejak Januari hingga pekan kedua September 2017 sebanyak 61.085 orang.

Rinciannya, wisatawan nusantara sebanyak 60.252 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 833 orang.

"Untuk wisman, memang belum ada yang sampai menginap. Namun, sebagian wisatawan nusantara yang berkunjung ke Pantai Sembilan memang menginap," kata Sutlan, menerangkan.

Sejak beberapa waktu lalu, terdapat delapan "homestay" di kawasan Pantai Sembilan sebagai tempat inap wisatawan.

"Namun, kami memang berkomunikasi dengan warga sekitar agar menyiapkan rumahnya supaya bisa dimanfaatkan sebagai tempat inap wisatawan, ketika delapan 'homestay' sudah dipesan atau disewa," ucapnya.

Ia juga mengemukakan, saat ini, terdapat dua hingga empat rumah warga yang disiapkan sebagai tempat alternatif menginap wisatawan, ketika "homestay" di kawasan Pantai Sembilan sudah dipesan.

Beberapa waktu lalu, Bupati Sumenep A Busyro Karim meminta pengelola objek wisata maupun warga di sekitar objek wisata menyiapkan rumahnya supaya bisa sebagai tempat inap wisatawan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017