Jember (Antara Jatim) - Target imunisasi Measles Rubella (MR) yang ditetapkan Bupati Jember sebesar 100 persen hampir tuntas karena hingga akhir Agustus 2017 berdasarkan data Dinas Kesehatan tercatat sudah 11 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang melebihi target mencapai 100 persen.

"Upaya Pemerintah Kabupaten Jember menyukseskan program nasional penuntasan imunisasi MR dengan cara menggerakkan seluruh elemen masyarakat, mulai dari guru, petugas posyandu, petugas puskesmas, orang tua siswa, perangkat desa, dan masyarakat umum," kata Bupati Jember Faida dalam siaran pers yang diterima Antara di Jember, Sabtu.

Kesebelas puskesmas yang mencapai target pemberian vaksin MR lebih dari 100 persen yakni Puskesmas Jember Kidul, Rambipuji, Banjarsengon, Kencong, Sukowono, Ambulu, Tanggul, Panti, Wuluhan, Puger dan Gladak Pakem.

"Secara nasional skala proyeksi Kabupaten Jember menempati posisi rangking ketiga se-Jawa Timur, namun secara riil Jember menempati urutan pertama melampaui target nasional yang ditetapkan 95 persen," tuturnya.

Menurutnya tekad tersebut bukan tanpa dasar karena kesehatan adalah hak anak, sehingga ketika seluruh anak usia 9 bulan hingga 15 tahun telah diimunisasi MR, maka secara ikhtiar telah menjamin keselamatan generasi di Jember dari kecacatan.

"Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan. Kami ingin mewujudkan anak Jember yang sehat dan berkualitas di masa mendatang," katanya.

Faida mengatakan campak adalah suatu penyakit paling menular pada manusia dan menelan satu korban jiwa setiap empat menit yang mayoritas adalah anak-anak. Hal itu sama bahayanya dengan rubella yang menjadi ancaman serius dan jika tertular di masa awal kehamilan dapat mengakibatkan cacat bawaan saat lahir pada otak, jantung, mata dan telinga.

"Namun hal itu dapat dicegah dengan melakukan imunisasi MR. Masyarakat cukup mendaftarkan saja karena pemerintah memberikan imunisasi itu secara gratis dan biaya vaksin telah ditanggung pemerintah," ujarnya.

Target imunisasi di Kabupaten Jember yang harus dituntaskan adalah anak di usia 9 bulan hingga 15 tahun yang berjumlah 541.024 anak dengan periode pemberian imunisasi MR adalah bulan Agustus hingga September 2017.

Pemkab Jember juga mengumpulkan 15.000 kader posyandu di seluruh Jember untuk menjadi pioner dalam menuntaskan 541.024 anak pada usia 9 bulan hingga 15 tahun ini benar benar telah terimunisasi seluruhnya pada September 2017.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017