Surabaya (Antara Jatim) - Kepolisian Daerah Jawa Timur menyalurkan ratusan hewan kurban yang terdiri sapi dan kambing ke pesantren-pesantren ada di wilayah itu serta masyarakat sekitar yang sebagai bagian dari kurban jajaran Polda Jatim pada Idul Adha 1438 Hijriah.  

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin di Surabaya, Jumat mengatakan total Polda Jatim menyembelih 293 ekor sapi dan 890 ekor kambing yang akan disebar ke pasantren yang ada di wilayah itu.

"Harapannya bisa menjalin komunikasi dan silaturahim kepada pesantren dan kiai agar memberi doa pada Polda Jatim untuk lebih diberi kesehatan, keselamatan dalam menjalankan tugas," ucap Machfud.

Selain itu, dengan kurban ini, dirinya berharap ketulusan dan keikhlasan serta pengabdian dari anggota dalam menjalankan tugas sehingga dapat menjalankan program dari Kapolri dengan baik.

Ditanya mengenai pengamanan Idul Adha di wilayahnya, Machfud menegaskan anggota telah disebar di berbagai titik untuk pengamanan Idul Adha. Untuk itu dirinya berharap tidak terjadi apa-apa di Jatim saat Idul Adha dan juga libur panjang.

"Kami fokus kepada lalu lintas saat Idul Adha dan liburan panjang. Di Madura ada tradisi Toron, jadi itu macet sekali. Dengan pengamanan itu, kami berharap masyarakat bisa menjalankan pulang kampung aman dan selamat serta tidak ada apa-apa. Itu yang kami prioritaskan," tuturnya.

Machfud menyatakan, pada Kamis (31/8) malam, jembatan Suramadu memang mengalami peningkatan volume kendaraan yang dignifikan, namun dia menegaskan hal itu tak sampai membuat arus lalu lintas macet total.

"Suramadu tidak macet total, masih mengalir. Memang padat tidak seperti biasanya. terutama pengguna sepeda motor. Orang Madura memang lebih ramai saat Idul Adha karena pulang kampug dan silaturahim, kami amankan jalurnya dan tidak ada masalah," ujarnya.

Prioritas yang lain, kata dia, adalah tempat wisata. Menurutnya, berbagai tempat wisata akan diserbu masyarakat saat liburan panjang kali ini. "Tempat wisata yang ada di daerah Batu, di daerah Malang, pokonya di tempat-tempat ramai kami siagakan anggota untuk memberikan rasa aman dan nyaman," ucapnya.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017