Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan ketersediaan air bersih untuk warga Sampang, Madura, yang mengalami kekurangan air sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

"Air bersih sangat penting dan masyarakat membutuhkan air bersih untuk keperluan sehari-hari," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Benny Sampir Wanto ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Jumat.

Pihaknya berharap segera ada usulan data terperinci dari Pemerintah Kabupaten terkait kawasan mana saja yang terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih.

Besaran bantuan, kata dia, akan diberikan ke daerah yang akan disalurkan menyesuaikan dengan surat pengajuan pemerintah setempat sehingga permohonan harus segera terkirimkan.

"Kalau sudah terdata dan rinci maka segera ditindaklanjuti. Biasanya memang permohonan dikuatkan oleh monitoring tim terkait," ucapnya.

Untuk jangka waktu kebutuhan air masyarakat, lanjut dia, menyesuaikan pengajuan yang ditetapkan dan ditandatangani oleh bupati dalam surat pernyataan darurat.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Sampang di sejumlah media massa menginformasikan belum bisa memberikan bantuan air bersih kepada penduduk yang wilayahnya dilanda kekeringan.

Hal tersebut disebabkan pada anggaran tahun ini BPBD setempat tidak mengalokasikan anggaran penanganan bencana kekeringan sehingga akan berkoordinasi dengan Pemprov Jatim untuk meminta bantuan bagi para warga korban kekeringan. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017