Sidoarjo (Antara Jatim) - Penumpang  bus jurusan Surabaya-Madura memadati Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur di Bungurasih, Sidoarjo menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun 2017.

Kepala Sub Unit Terminal Purabaya Surabaya, Harjo, Kamis mengatakan, sudah menjadi agenda tahunan kalau jurusan Madura lebih banyak diminati selama liburan panjang saat pelaksanaan Idul Adha.

"Kalau istilah orang Madura itu toron, dan memang banyak orang Madura yang mudik pada hari libur ini," ujarnya saat dikonfirmasi di Terminal Purabaya, Surabaya.

Ia mengemukakan, selain jurusan Madura, jurusan lainnya yang banyak diminati adalah jurusan Jember dan juga Situbondo.

"Saat ini masyarakat juga lebih cenderung senang dengan menggunakan armada bus patas daripada menggunakan bus ekonomi mengingat harganya tidak begitu terpaut jauh," ujarnya.

Ia mengatakan, pada liburan panjang Idul Adha pihaknya memprediksikan akan ada kenaikan jumlah penumpang sampai dengan 45 ribu orang jika dibandingkan dengan hari biasa yang hanya 27 ribu orang.

"Prediksi kami peningkatan jumlah penumpang itu puncaknya akan terjadi pada malam nanti dimana banyak di antara para pengguna jasa angkutan umum yang pulang kerja," ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan intansi terkait lainnya seperti dari kepolisian, TNI, Garnisun dan juga kesatuan lainnya untuk berjaga-jaga mengamankan pelaksanaan liburan panjang ini.

"Untuk arus baliknya, kami memprediksikan akan terjadi pada Minggu (3/9) mendatang, karena pada Senin (4/9) masyarakat sudah mulai beraktivitas seperti semula," ucapnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya juga sudah menyiagakan sejumlah bus cadangan untuk membantu mengangkut penumpang jika memang kondisi armada yang ada benar-benar kosong.

"Namun sejauh ini kondisinya masih terpantau lancar, dan kebutuhan armada bus cadangan masih belum diperlukan," ujarnya.(*)
Video oleh: Indra Setiawan

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017