Surabaya (Antara Jatim) - Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB) menyiapkan deklarasi untuk mendukung Fandi Utomo sebagai calon Gubernur Jawa Timur yang akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

"Kami sekarang sedang mempersiapkannya bersama ormas lain untuk deklarasi," ujar Sekretaris GRIB Jawa Timur Irwanto kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Dijadwalkan deklarasi digelar pada September sekaligus pematangan dan koordinasi dengan partai-partai politik untuk mengusungnya.

Menurut dia, alasan memberikan dukungan kepada Fandi Utomo atau yang akrab disapa FU tersebut karena merupakan sosok yang bersih dan mengerti regulasi pesta demokrasi.

"Apalagi beliau saat ini duduk sebagai pimpinan di Komisi II DPR RI dan termasuk sebagai anggota RUU Pemilu. FU juga berpengalaman tentang Jatim sehingga tak sulit menata provinsi ini," ucapnya.

Deklarasi, kata dia, tidak hanya dilakukan di satu daerah, namun digelar di beberapa daerah mewakili wilayah "Malang Raya", "Arek", "Tapal Kuda" dan "Mataraman".

"Segera kami lakukan dan sekarang masih koordinasi. Tidak lama lagi kami benar-benar melakukan deklarasi," katanya.

Sementara itu, Fandi Utomo belum bisa dimintai komentar karena teleponnya belum terangkat ketika dihubungi terkait rencana sejumlah ormas mendeklarasikan namanya sebagai calon Gubernur Jatim. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017