Jember (Antara Jatim) - Okupansi penumpang kereta api baik kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif di wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur meningkat menjelang libur Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah dan diprediksi meningkat 20 persen dibandingkan hari normal.

"Tiket kereta untuk keberangkatan pada tanggal 31 Agustus 2017 sudah terjual habis untuk rangkaian KA Mutiara timur siang, KA Mutiara timur malam dan KA Probowangi," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Luqman Arif di Jember, Selasa.

Untuk rangkaian kereta kelas ekonomi seperti KA Sri tanjung, KA Tawangalun, KA Pandanwangi, KA Logawa dan kereta kelas bisnis-eksekutif KA Ranggajati terjual rata-rata 80 persen.

"Sedangkan tiket untuk kedatangan kereta dari luar wilayah Daop 9 pada 31 Agustus 2017 juga banyak yang habis yakni KA Probowangi, KA Logawa, KA Mutiara timur siang dan KA Mutiara timur malam," tuturnya.

Luqman mengatakan peningkatan jumlah penumpang selama libur Hari Raya Idul Adha hampir terjadi setiap tahun karena sebagian warga mudik untuk berkumpul bersama keluarganya pada saat momentum Hari Raya Kurban.

"Kami juga meningkatkan pelayanan kepada penumpang pengguna jasa kereta api, sehingga para penumpang merasa nyaman selama perjalanan menuju ke stasiun tempat tujuan mereka," katanya.

Sementara salah seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Jember Hasanudin mengaku akan pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Banyuwangi menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah.

"Rencananya mau naik KA Pandanwangi yang harganya murah meriah ke Banyuwangi bersama beberapa kawan asal Banyuwangi juga. Mudah-mudahan tiket KA Pandanwangi masih ada," katanya.

Di wilayah Daerah Operasi 9 Jember setiap harinya tercatat tujuh keberangkatan kereta jarak jauh yakni KA Mutiara Timur relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara timur malam relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Sritanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan, KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Tawangalun relasi Banyuwangi-Malang, dan KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon.

Sedangkan untuk kereta api lokal di wilayah Daop 9 Jember tercatat sebanyak empat kali perjalanan yakni KA Pandanwangi relasi Jember-Banyuwangi PP.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017