Sidoarjo (Antara Jatim) - Petugas Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur memperkirakan akan ada kenaikan jumlah penumpang sekitar 12 persen sampai dengan 15 persen pada saat liburan panjang Idul Adha.

Legal and Communications Sections Head PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya, Febrian P, Selasa mengatakan, begitu juga dengan pesawat juga diprediksikan akan terjadi peningkatan sebesar 5 persen.

"Pergerakan penumpang sebesar 60.800 penumpang masing-masing untuk domestik 55.250 orang penumpang serta internasional sebanyak 5.750 orang," ujarnya saat dikonfirmasi di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, untuk pergerakan pesawat sebanyak 416 dengan rincian masing-masing domestik 380 pesawat dan juga internasional sebanyak 36 pesawat.

"Peningkatan penumpang ini diperkirakan terjadi pada hari Kamis 31 Agustus 2017 dan juga pada Minggu tanggal 3 September 2017," ujarnya.

Ia mengatakan, tujuan yang diperkirakan akan terjadi kepadatan untuk jalur domestik adalah Jakarta, Makassar, Balikpapan, Denpasar, Banjarmasin dan Lombok.

"Sedangkan untuk jalur internasional tujuan yang mengalami kepadatan adalah Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong," ucapnya.

Ia menambahkan, dari data yang ada rata-rata pergerakan harian tahun 2017 jumlah pesawat sebanyak 395 unit dan pergerakan penumpang sebanyak 48.293 orang.

"Kami berharap pelaksanaan liburan panjang, para penumpang bisa melaksanakan dengan nyaman dan aman serta selamat sampai di tempat tujuan," ucapnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017