Surabaya, (Antara Jatim) – Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi didampingi Panglima Armada RI Kawasan Timur Laksda TNI Darwanto menyambut KRI Nagapasa-403 ynag tiba di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Surabaya, Senin. 

"Hadirnya KRI Nagapasa-403 untuk memperkuat armada alustista TNI guna menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara" kata Laksamana Ade Supandi. 

KRI Nagapasa merupakan kapal selam diesel elektrik type 209/1400 pesanan pertama Indonesia kepada Korsel dan menjadi kapal selam ketiga yang dimiliki TNI AL. Indonesia memesan tiga unit kapal selam kepada Korsel dengan kesepakatan kerja sama transfer teknologi, kapal yang pertama dan kedua akan dibuat galangan kapal di Korsel. 

Sementara kapal selam yang ketiga akan dibuat di galangan kapal PT PAL Indonesia, dan bekerja sama dengan DSME Korsel. Kapal selam yang memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan sekitar 21 knot ini mampu berlayar hingga 50 hari dan dapat menampung 40 kru.

Selain itu, kapal ini juga telah dipersenjatai torpedo dengan fasilitas delapan buah tabung peluncur. Pada kesempatan itu, Kasal berserta pejabat dan perwira tinggi di jajaran TNI AL meninjau langsung kondisi KRI Nagapasa.

Sebelumnya KRI yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Harry Setyawa berlayar dari Korea Selatan menuju Indonesia selama 16 hari dengan membawa 41 anak buah kapal (ABK) pada 11 Agustus lalu.(*)
Video Oleh: Zabur Karuru

Pewarta: Zabur Karuru

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017