Bangkalan (Antara Jatim) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendorong pemkab di Pulau Madura, Jawa Timur,  terus mengotimalkan pengembangan ekonomi dengan memanfaatkan potensi wisata yang ada di wilayah itu.

"Ini penting, karena objek wisata itu memiliki dampak ekonomi luas, tidak hanya pada pengelolanya saja, akan tetapi juga kepada masyarakat sekitar," katanya di sela-sela acara "Gowes Pesona Nusantara 2017" yang digelar Pemkab Bangkalan bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Minggu.

Ia menjelaskan, program "Gowes Pesona Nusantara 2017" yang kini dicanangkan Kemenpora itu merupakan salah satu bentuk kampanye, mempromosikan potensi wisata yang ada di daerah. Baik wisata alam, wisata budaya, maupun wisata kuliner.

Menpora Imam Nahrawi hadir secara langsung dalam acara yang dikenal dengan bersepeda ondel menuju lokasi objek wisata di Bangkalan.

Ada dua objek wisata yang diperkenal, yakni wisata religi Makan Ulama Bangkalan Syaichona Kholil di Desa Martajasa, Kecamatan Kota Bangkalan, dan objek wisata pemandian Goa Putih, di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Bangkalan.

Ribuan orang dari kalangan instansi Pemkab Bangkalan, perwakilan tokoh masyarakat, organisasi pemuda dan mahasiswa, serta para santri ikut dalam acara tersebut.

Sebagaimana peserta lainnya, Menteri Kelahiran Konang, Bangkalan itu juga mengayuh sepeda ondel menuju objek wisata, bahkan ia memimpin rombongan di barisan depan bersama Muspida menuju rute yang telah ditentukan panitia. 

Menurut Menpora. program "Gowes Pesona Nusantara 2017" itu merupakan program unggulan Kamenpora. 

"Kegiatan ini kami gelar secara bergantian di seluruh Nusantara, dan hari ini giliran Kabupaten Bangkalan," katanya, menerangkan.

Program bersepeda dari Sabang sampai Merauke tersebut bertujuan untuk mengangkat dan memperkenalkan destinasi wisata di daerah. "Kami menganggap bahwa kegiatan semacam ini perlu sering dilakukan sebagai ajang promosi," ujarnya, menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Menpora Imam Nahrawi juga mengimbau, agar kegiatan semacam itu tidak hanya digelar saat ada kegiatan, akan tetapi secara rutin.

"Sebab dengan bersepeda ondel seperti ini menyehatkan. Kalau perlu, ke kantorpun bisa pakai sepeda," kata Menpora. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017