Surabaya (Antara Jatim) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Jawa Timur mengusung nama Kuswiyanto sebagai calon Bupati Bojonegoro untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 kabupaten setempat.

"Sudah ada keputusan dari DPP yang sudah disampaikan ke DPW, bahwa Kuswiyanto diusung maju sebagai calon Bupati Bojonegoro," ujar Wakil Ketua DPW PAN Jatim Achmad Rubaie kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, tidak sedikit alasan untuk partai memutuskan Kuswiyanto yang merupakan anggota DPR RI itu maju, terutama penilaian mampu meneruskan tongkat estafet Bupati Suyoto yang memimpin Bojonegoro dua periode.

"Kuswiyanto juga kader internal PAN yang terbukti kemampuannya. Kapasitas yang dimiliki, ditambah pengalaman sebagai anggota DPRD Jatim dan DPR RI membuat partai tidak kesulitan menentukan namanya," ucap politikus asal Madura tersebut.

Untuk mengajukan pasangan calon bupati dan wakil bupati di Pilkada yang diselenggarakan serentak pada 27 juni 2018, KPU Bojonegoro mensyaratkan didukung oleh minimal 10 kursi di DPRD.

Karena PAN di DPRD II Bojonegoro memiliki enam kursi, kata dia, maka wajib berkoalisi dengan partai politik lain, termasuk membahas kandidat yang akan dipasangkan sebagai calon Wakil Bupati Bojonegoro nantinya.

"Kami terus melakukan komunikasi hingga akhirnya ada partai yang memiliki pandangan sama untuk Pilkada mendatang. Targetnya menang dan Bojonegoro merupakan salah satu prioritas," katanya sembari memastikan surat rekomendasi akan turun dalam waktu dekat ini.

Sementara itu, Kuswiyanto adalah politisi senior yang terpilih menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 yang duduk di Komisi VIII mewakili daerah pemilihan Jawa Timur IX setelah memperoleh 45.456 suara.

Di karir politiknya, pria kelahiran Ponorogo itu pernah menjabat Sekretaris DPW PAN Jatim 2010-2015 sekaligus anggota DPRD Jatim dua periode yaitu 2004-2014.

"Karena mendapat amanah maju di Pilkada Bojonegoro maka sesuai aturan beliau akan mundur dari jabatannya di legislatif. Harapannya, semoga Pak Kuswiyanto diberikan kesempatan mengabdi dan menyejahterakan masyarakat di Bojonegoro," kata Rubaie. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017