Surabaya (Antara Jatim) - Pertamina "Marketing Operation Region" (MOR) V yang meliputi wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) di wilayah setempat saat perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 H aman.

"Kami pastikan stok BBM di wilayah MOR V masih dalam kondisi aman dengan rata-rata ketahanan stok sekitar 20 hari," kata Area Manager Communications dan Relations Pertamina MOR V, Rifky Rakhman Yusuf di Surabaya, Jumat.

Meski demikian, Rifky mengaku Pertamina akan tetap mengantisipasi jika nantinya terdapat peningkatan konsumsi BBM. 

Ia memprediksi untuk konsumsi BBM pada saat Idul Adha di wilayah MOR V tidak akan terdapat peningkatan yang signifikan. 

Rifky menyebutkan, konsumsi bulan Agustus 2017 untuk jenis Gasoline seperti bensin dan sebagainya mencapai 347.252 Kilo Liter (KL) dengan rata-rata konsumsi harian sebesar 17.363 KL, sedangkan untuk konsumsi Gasoil atau bahan bakar diesel sebesar 157.011 KL dengan rata-rata konsumsi harian sebesar 7.851 KL.

Sementara itu, kata Rifky, pada momen Idul Adha 2016 Pertamina mendorong konsumsi BBM masyarakat karena adanya program “MOR V Berbagi ke Sesama” yang digelar mulai tanggal 24-29 Agustus 2017.

"Selama periode program, Pertamina akan mendonasikan sebagian hasil penjualan pada setiap transaksi untuk produk BBM jenis Pertamax Series (Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamina Dex), dan pembelian elpiji nonsubsidi Bright Gas serta pembelian produk Pelumas Fastron dan Enduro," katanya.

Rifky mengaku, donasi dalam enam hari itu diharapkan sama atau setara dengan 7 ekor sapi kurban, yang nantinya langsung disumbangkan ke beberapa Desa Binaan di sekitar wilayah MOR V saat hari raya Idul Adha 1438 H.

Donasi itu, kata dia, sebagai bentuk syukur, sehingga dirinya mengajak konsumen Pertamina untuk ramai-ramau membeli produk pertamina agar ikut serta dalam program berbagi sesama.

"Tidak ada yang berubah dari sisi harga yang harus dibayar oleh konsumen. Kami hanya membaginya dan merupakan bentuk komitmen Pertamina untuk mendonasikan sebagian rupiah dari setiap transaksi penjualan," tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya program itu akan semakin banyak konsumen yang membeli produk Pertamina sehingga semakin banyak pula yang bisa didonasikan.

"Program ini berlaku untuk semua pembelian Pertamax Series di seluruh SPBU, elpiji nonsubsidi Bright Gas di agen dan pangkalan resmi serta pembelian Pelumas di outlet resmi di wilayah MOR V yang mencakup Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017