Surabaya (Antara Jatim) – Asesor dari ASEAN University Networking Quality Assessment (AUN-QA), Selasa mengunjungi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya guna memvisitasi empat program studi (prodi) yang ada di kampus tersebut.

Keempat prodi yang tengah divisitasi adalah Prodi S-1 Ilmu Komunikasi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), S-1 Psikologi (Fakultas Psikologi), S-1 Budidaya Perairan (Fakultas Perikanan dan Kelautan), dan S-1 Ekonomi Pembangunan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Wakil Rektor I Prof Djoko Santoso, ditemui usai seremoni pembukaan penilaian asesor AUN-QA mengatakan pihaknya berharap keempat prodi yang tengah divisitasi asesor bisa melampaui target yang ditetapkan universitas. Keempat prodi tersebut ditarget untuk mendapatkan nilai minimal 4,00 dari skala 7,00.

"Harus nilai 4 dari skala 7. Keterangannya appropriate. Kalau bisa, ya, menuju ke nilai 5. Artinya, lebih dari standar. Kalau menuju 5 berarti siap untuk 'world class university'. Karena ini suatu proses pendidikan yang assessed (dinilai)," tutur Djoko usai pembukaan yang dihadiri pimpinan Badan Penjamin Mutu, prodi dan fakultas, serta universitas.

Aspek pembelajaran yang dinilai oleh para asesor AUN-QA antara lain hasil pembelajaran yang diharapkan (expected learning outcomes), struktur dan isi program (programme structure and content), metode pembelajaran (teaching and learning approach), penilaian terhadap mahasiswa (student assessment), dan kualitas staf akademik (academic staff quality).

Djoko menilai, penilaian yang dilakukan asesor AUN-QA akan membawa dampak berkelanjutan terhadap pengakuan pihak eksternal.

"Jika pihak eksternal mengakui bahwa kualitas Unair itu layak untuk 'world class' (berkelas dunia), maka dampaknya banyak. Dari aspek human 'development index' (indeks pembangunan manusia), riset, hibah, kompetisi, inovasi, dan kreasi. Banyak sekali dampaknya," ujar Guru Besar Fakultas Kedokteran.

Proses visitasi sendiri dilakukan oleh delapan asesor AUN-QA ke empat prodi akan berlangsung pada tanggal 22–24 Agustus di masing-masing prodi terkait. Para asesor merupakan pengajar senior dari Universitas Malaya dan Universitas Kebangsaan Malaysia, Universitas De La Salle Filipina, dan National Institution of Development Administration Thailand.

Sampai saat ini, sebanyak sembilan prodi di Unair telah mendapatkan penilaian sertifikasi AUN-QA. Kesembilan prodi itu adalah S-1 Pendidikan Dokter, S-1 Ilmu Hukum, S-1 Pendidikan Dokter Hewan, S-1 Pendidikan Apoteker, S-1 Biologi, S-1 Kimia, S-1 Sastra Inggris, S-1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan S-1 Manajemen.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017