Surabaya (Antara Jatim) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menargetkan menjadi juara umum dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXX di Makassar, 23-28 Agustus mendatang setelah berhasil meloloskan 23 tim.

Rektor ITS Prof Joni Hermana yang melepas secara simbolis kontingen ITS di kampus setempat, Sabtu, mengingatkan tim pada semboyan yang mereka buat sendiri yaitu, Pantang Pulang Sebelum Menang.

"Menjadi juara umum adalah target utama ITS," Kata Joni.

Guru besar Teknik Lingkungan ini meminta agar kontingen yang hendak berjuang dalam PIMNAS nanti selalu yakin untuk pulang dengan membawa juara. "Selama bertahun-tahun, ITS tidak pernah terlempar dari posisi empat teratas," ujarnya.

Ia mengimbau agar hal ini tidak menjadi beban, melainkan menjadi pacuan. Pria murah senyum ini berharap agar kontingen ITS tahun ini mampu mempertahankan juara yang sudah menjadi tradisi.

"Yakinilah bahwa anda di sini adalah juara. Seseorang akan berhasil jika ia yakin bahwa dia akan berhasil," ujarnya.

Mantan Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ini mengarahkan pada delegasi ITS agar berbesar hati dalam menghadapi tantangan selama PIMNAS ke depan. Target untuk menjadi juara umum bukanlah hal yang mudah. Bak orang yang hendak berperang, Joni meminta agar tim merancang strategi dengan baik.

"Mampu saja tidak menjamin dapat menjadi juara. Anda harus menguasai materi yang akan dibawakan, presentasi harus menarik serta cara menjawab juga harus diperhatikan. Semua harus dipikirkan matang-matang," tuturnya.

Penanggung jawab dari dosen Penalaran Welly Herumurti ST MSc menjelaskan bahwa ITS memiliki peluang menjadi juara umum dengan meraih 15 medali emas. "Meskipun ada beberapa bidang yang belum berhasil ITS ampu, kami tetap optimistis bisa juara umum," katanya.

Dari jumlah tim secara keseluruhan, terdapat dua tim yang menjadi wakil ITS dalam PKM-Gagasan Tertulis. Sedang lebihnya adalah PKM dari 5 bidang.

"ITS kehilangan kesempatan meraih emas dalam bidang PKM-Pengabdian Masyarakat dan PKM-Teknologi," kata dosen Teknik Lingkungan ini menambahkan.

Dari peringkat jumlah tim, ITS telah menduduki posisi empat. Dalam PIMNAS yang akan berlangsung di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mendatang, tim dari ITS hanya perlu mendongkrak sedikit.

"Setiap tim telah mengantongi penilaian sebesar 40 persen. Saya meminta dengan sangat agar tim berjuang semaksimal mungkin demi 60 persen sisanya," ucapnya.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017