Sumenep (Antara Jatim) - Kodim 0827 Sumenep, Jawa Timur, mengingatkan sekaligus menggugah semangat juang generasi muda melalui drama kolosal tentang perjuangan untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI dari penjajah.

"Perjuangan kemerdekaan RI telah dilakukan oleh para pejuang dan pahlawan yang telah gugur. Saat ini, generasi muda wajib menjaga semangat juang itu dengan berbuat yang terbaik dan menjadi generasi produktif bagi Indonesia," ujar Komandan Kodim 0827 Sumenep, Letkol Inf Budi Santosa di Sumenep, Kamis.

Pada Kamis siang, Kodim 0827 dan SMAN 1 Sumenep menggelar drama kolosal tentang masa perjuangan perebutan kemerdekaan RI seusai upacara memperingati detik-detik kemerdekaan RI di halaman kantor bupati setempat.

Dalam drama kolosal yang melibatkan ratusan personel Kodim 0827 dan siswa SMAN 1 Sumenep itu digambarkan upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI khususnya di wilayah Pulau Madura, dari tangan penjajah, baik Jepang maupun Belanda.

Melalui drama kolosal tersebut, pimpinan Kodim 0827 Sumenep berusaha mengingatkan masa-masa sulit yang dilalui para pejuang dan pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI.

"Kami ingin menyampaikan pesan tentang kemerdekaan RI itu melalui proses panjang yang harus dilalui para pejuang dan pahlawan hingga tetes darah terakhir," kata Budi, menerangkan.

Ia berharap semua elemen masyarakat di Indonesia tidak melupakan jasa-jasa para pejuang dan pahlawan kemerdekaan dengan cara berbuat yang terbaik bagi Indonesia. 

"Jangan lupakan sejarah. Para pejuang dan pahlawan begitu tulus mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan RI dan semangat juang itu harus diteladani oleh semua elemen bangsa ini," ujarnya. (*)
Video oleh: Slamet Hidayat


Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017