Sumenep (Antara Jatim) - Sebanyak 400 petugas gabungan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, akan mengamankan proses pemberangkatan calon haji ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Rabu (16/8) dini hari.

"Anggota kami akan dibantu personel dari sejumlah instansi untuk kegiatan tersebut," ujar Kapolres Sumenep AKBP Joseph Ananta Pinora di Sumenep, Senin.

Sesuai data di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, jumlah calon haji setempat pada tahun ini mencapai 521 orang. Namun, tiga dari 521 calon haji menyatakan tidak berangkat atau mengundurkan diri, salah satunya disebabkan menunggui istrinya yang hamil.

Mereka yang tergabung dalam dua kelompok terbang (kloter) itu dijadwalkan berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Rabu (16/8) pukul 01.00 WIB.

Pemberangkatan calon haji asal Sumenep ke Surabaya dilakukan secara serentak dan dipusatkan di kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) A Yani di Kecamatan Kota.

Panitia pemberangkatan calon haji menyiapkan 13 bus berfasilitas mesin pendingin ruangan untuk mengangkut para calon haji dari Sumenep ke Surabaya.

"Sudah ada beberapa kali rapat koordinasi untuk membahas pengamanan atas proses pemberangkatan calon haji tersebut. Semuanya sudah siap," kata Pinora, menerangkan.

Ia pun meminta warga Sumenep, utamanya pengantar calon haji yang akan ke lokasi pemberangkatan, untuk mematuhi arahan dari anggotanya.

"Setiap simpul jalan raya yang menjadi akses ke GOR A Yani akan dijaga oleh anggota. Kami berharap para pengantar mengikuti arahan dari anggota guna mencegah kemungkinan terjadinya kemacetan arus lalu lintas," ujarnya.(*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017