Jember (Antara Jatim) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri acara puncak karnaval busana sepanjang 3,6 kilometer dalam Jember Fashion Carnaval (JFC) di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada 13 Agustus 2017. 

"Kabarnya memang ada rencana kedatangan Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo bersama rombongan dalam grand carnival JFC," kata Presiden JFC Dynand Fariz usai membuka "JFC International Event" di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Rabu.

Menurutnya tidak ada persiapan khusus untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo karena kegiatan Jember Fashion Carnaval sudah bertaraf internasional dan peserta juga memberikan penampilan yang terbaik.

"Dalam JFC ke-16 juga akan dihadiri Putri Indonesia dan Miss Tourism International yang didukung oleh Kementerian Pariwisata," ucap Dynand yang juga Ketua Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI).

Ia mengatakan tema besar dalam JFC ke-16 yakni "Victory" yang berarti kemenangan JFC dalam mengukir prestasi di dunia internasional dan kemenangan tersebut akan ditampilkan dalam bentuk parade dari 13 penghargaan yang didapatkan JFC.

"Secara keseluruhan ada sembilan defile (bukan 10 defile dalam berita sebelumnya) dengan melibatkan sekitar 2.000 peserta dari berbagai usia mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa," ujarnya.

Sederet penghargaan internasional yang diraih JFC sebagai best national costume dengan inspirasi dari berbagai daerah di tanah air  antara lain Bali (best national costumemister international 2010 di Indonesia);  Toraja Karembau (best national costume man hunt international 2011 di Korea Selatan); Papua (best national costume mister universe model di Republika Dominica); Borneo (best national costumemiss supranational 2014 di Polandia). 

Selain itu, Lampung  (best national costumemiss international 2014 di Tokyo, Jepang dan best national costume miss grand international 2016 di Las vegas, USA); Toraja Tongkonan (best national costume miss supranational 2015 di Polandia); Borobudur (best national costumemiss universe 2015 di Florida,USA); Betawi (best national costume miss tourism international 2016 di Malaysia); dan Garuda (top 5 national costume miss universe 2016 di Philipina).

Sementara Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief mengatakan Kabupaten Jember sangat bangga memiliki kegiatan tahunan JFC yang mengharumkan nama Jember di kancah internasional.

"Kendati demikian, kami tidak bisa memberikan sumbangan dana APBD untuk kegiatan JFC karena aturannya dana hibah bantuan sosial tidak boleh diberikan kepada lembaga secara terus menerus, namun kami dukung dengan memberikan dukungan bukan dalam bentuk finansial," tuturnya.

Menurutnya kegiatan JFC dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Jember karena banyak hotel yang sudah penuh dipesan oleh pengunjung yang akan melihat karnaval busana dengan "catwalk" sepanjang 3,6 kilometer tersebut.

JFC International Event digelar sejak 9-13 Agustus 2017 dengan rangkaian acara pembukaan dan pameran produk lokal dan luar daerah Jember pada 9-13 Agustus, Kids Carnival pada 10 Agustus 2017, Artwear Carnival pada 11 Agustus 2017, Wonderful Artchipelango Carnival Indonesia pada 12 Agustus 2017, dan puncak grand carnival JFC pada 13 Agustus 2017.(*)
Video Oleh: Zumrotun Solichah

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017