Surabaya (Antara Jatim) - Sebanyak 10 personel Royal Thai Marines Corps (RTMC) yang dipimpin Deputy Chif Of Staff Marines Division Captain (Navy) Khanchai Khamson sebagai Delegasi Marinir Thailand akan melaksanakan latihan bersama Marinir Indonesia di Karangpilang, Surabaya.

Kedatangan personel Royal Thai Manines Corps ini, dalam rangka melaksanakan latihan bersama SMEE Sea Garuda 19AB-17 dengan prajurit Korps Marinir TNI-AL disambut oleh Komandan Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir (Danmenbanpur-1 Mar) Kolonel Marinir Edy Cahyo Sumarno sebagai ketua Delegasi Marinir Indonesia.

"Kegiatan yang direncanakan berjalan selama lima hari kedepan ini antara lain mengikuti latihan taktik perang amfibi, serta melaksanakan manuver lapangan dengan tujuan berbagi pengetahuan dan pengalaman antara kedua Korps Marinir dari kedua negara ASEAN tersebut," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Dalam sambutanya, Danmenbanpur-1 Mar mengucapkan selamat datang kepada Delegasi Marinir Thailand yang dipimpin Captain (Navy) Khanchai Khamson di sarang petarung Bhumi Marinir.

"Suatu penghormatan dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh peserta yang hadir ini, karena saya melihat semuanya dalam suasana penuh persaudaraan dan persahabatan. Telah diketahui bersama, berdasarkan hasil rapat IPC pada akhir Mei di Surabaya, rapat FPC di Bangkok Thailand, disepakati bahwa di antara TNI-AL dan RTN, menyetujui kerjasama antara kedua angkatan yang didasarkan pada hubungan persahabatan dan profesionalisme prajurit," ujarnya.
 
Ia mengatakan, dengan mengadakan SMEE atau pertukaran pengetahuan dasar pada latihan bersama SMEE Sea Garuda 19AB-17 yang meliputi materi logistik, komunikasi, jihandak, menyelam dasar dan para dasar. 

"Diakhir latihan nanti, saya memiliki harapan bahwa latihan bersama yang kita laksanakan dapat membangun semangat profesionalisme, saling pengertian dan persaudaraan seluruh Marinir di dunia. Saya yakin pertukaran pengetahuan dasar atua SMEE akan memberikan manfaat dan nilai positif bagi seluruh peserta latihan," ujarnya.
 
Latihan bersama SMEE Sea Garuda 19AB-17 ini dimulai dari tanggal 03 sampai dengan 07 Agustus 2017, melibatkan satuan Pasmar-1 antara lain Yontaifib-1 Mar dan prajurit dibawah jajaran Menbanpur-1 Marinir yakni Yonkomlek-1 Mar, Yonbekpal-1 Mar dan Yonzeni-1 Mar yang dipimpin langsung Palaklat Latma SMEE Sea Garuda 19AB-17 Danyonkomlek-1 Mar Letkol Marinir M. Nur Rohman M.Tr.Hanla.

Dalam latihan yang dilaksanakan di Bhumi Marinir Karangpilang Surabaya ini prajurit Marinir dari kedua negara sahabat melaksanakan latihan bersama antar lain latihan dukungan Logistik, dukungan Komunikasi dan dukungan pertempuran lainya dalam taktik perangan amfibi.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017