Sumenep (Antara Jatim) - Harga bawang merah di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, turun dari Rp25 ribu per kilogram menjadi Rp22 ribu.

"Kami menduga penurunan harga bawang merah pada pertengahan pekan ini jika dibanding pada awal pekan, akibat stok melimpah," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Informasi dari pedagang di Pasar Anom Baru di Kecamatan Kota yang merupakan salah satu objek pemantauan, petani setempat mulai panen bawang merah dan selanjutnya stok komoditas tersebut melimpah.

Selain bawang merah, harga bawang putih dan cabai merah besar biasa juga turun.

Harga bawang putih turun dari Rp24 ribu per kilogram menjadi Rp22 ribu dan cabai besar dari Rp15 ribu menjadi Rp13 ribu.

"Harga kulakan bawang putih dan cabai merah pada pertengahan pekan ini turun dan selanjutnya harga jual ecerannya pun turun," kata Sukaris, menerangkan.

Sementara harga komoditas lainnya terpantau stabil, di antaranya beras pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga daging sapi masih tetap Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp80 ribu, dan daging ayam broiler Rp30 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017