Sumenep (Antara Jatim) - Harga cabai merah kecil biasa di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, mengalami penurunan, dari sebelumnya Rp40 ribu  menjadi Rp35 ribu  per kilogram.

"Informasi dari pedagang di Pasar Anom Baru, permintaan terhadap komoditas tersebut tidak begitu tinggi dan stok aman. Kondisi tersebut yang diduga mengakibatkan harga cabai kecil itu turun pada pertengahan pekan ini," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Selain cabai kecil, harga bawang merah juga turun dari Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp25 ribu.

Sesuai laporan hasil pemantauan yang dilakukan staf Disperindag Sumenep, hanya dua komoditas tersebut yang harganya berfluktuasi (turun).

Untuk harga komoditas lainnya stabil, di antaranya beras tetap pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga daging juga stabil, yakni daging sapi Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp80 ribu, dan daging ayam broiler Rp30 ribu.

Sementara harga cabai merah besar biasa tetap Rp15 ribu per kilogram, bawang putih Rp24 ribu, kentang Rp14 ribu, dan wortel Rp12 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017