Gresik  (Antara Jatim) - Tim Nasional Voli Putra Indonesia kalah dari Kazakhstan dengan angka 2-3 (25-23, 25-27, 21-25, 25-21, 13-15) pada Kejuaraan Senior Voli Putra Asia ke-19 yang berlangsung di GOR Tridharma Petrokimia, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa petang.

Meski kalah, Timnas Indonesia masih mempunyai peluang lolos ke delapan besar ajang "Asian Senior Mens Volleyball Championship ke-19", karena masih menyimpan satu pertandingan hidup mati melawan Qatar di tempat yang sama, Rabu (26/7).

"Kami tetap bangga dengan perjuangan para pemain, karena sudah sesuai progres baik dalam setiap pertandingan, sebab tujuan utama kami adalah emas SEA Games XXIX/2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Agustus 2017, " kata Pelatih Timnas Indonesia, Samsul Jaiz usai pertandingan, Selasa. 

Jaiz mengapresiasi perjuangan para pemainnya, terutama pemain junior yang diturunkan dalam ajang ini, yakni Nanda yang tampil sesuai dengan instruksi, sehingga mampu membuat Kazakhstan kesulitan melawan Timnas Indonesia.

"Nanda adalah pemain masa depan Indonesia, dan ajang ini dibutuhkan oleh dia serta beberapa pemain lainnya sebagai pengalaman bertanding di level internasional, dengan lawan yang mempunyai postur tubuh lebih tinggi," katanya.

Pada pertandingan itu sempat terjadi kejar mengejar angka di dua set awal, namun pemain Indonesia seperti Ardian Sigit dan Rivan Nurmulki mampu memberikan kontribusi angka melalui smes-smes tajam di skor krusial 21-21.

Tuan rumah berhasil melepaskan diri dari tekanan lawan pada awal permainan sehingga memimpin 25-23. Namun pada set kedua yang berlangsung ketat, lawan berbalik unggul 27-25 sehingga skor sama kuat 1-1.

Memasuki set ketiga yang bisa dijadikan penentu kemenangan Timnas Indonesia pada petandingan kali ini gagal dimanfaatkan, sehingga anak asuh Samsul Jaiz harus puas dan kalah 21-25, skorpun berubah 2-1 untuk Kazakhstan.

Pada set keempat pertandingan kembali memanas karena kejar mengejar angka yang terjadi pada set pertama dan kedua terulang lagi, namun Kazakhstan yang dimotori Baibekov Kairat gagal menyudahi permainan dan takluk 21-25, sehingga dilanjutkan set penentuan.

Pada set terakhir itu Indonesia masih mampu mengimbangi, namun lawan menutup kemenangan dengan skor 15-13.

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia harus puas berada di posisi ketiga klasemen sementara Kejuaraan Voli Putra Asia ke-19 dengan meraih angka 4, di bawah Qatar yang juga mempunyai nilai yang sama 4.

Sedangkan bagi Kazhakstan, kemenangan ini mengunci satu tiket lolos ke delapan besar, meski masih menyisahkan satu pertandingan melawan Saudi Arabia di tempat yang sama.(*)
Video oleh: Abdul Malik

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017