Surabaya (Antara Jatim) - Kejuaraan Asia Voli Putra atau Asian Senior Mens Volleyball  Championship ke-19 yang akan digelar di GOR Tridharma Petrokimia, Kabupaten Gresik, Jawa Timur diikuti sebanyak 16 negara.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Komisaris Jenderal Polisi lmam Sudjarwo di Surabaya, Kamis mengatakan ajang dua tahunan itu akan dilaksanakan mulai tanggal 24 Juli 2017 sampai 1 Agustus 2017, dengan pertandingan perdana antara Indonesia melawan Saudi Arabia.

"Selain di GOR Tridharma Petrokimia, pertandingan juga akan dilangsungkan di GOR Wahana Ekspresi Pusponegoro Gresik," katanya.

Ia mengatakan tim-tim terbaik Asia bahkan dunia seperti Tiongkok, Iran, Jepang dan Australia akan bermain dalam kejuaraan ini.

Di samping itu, kata dia, calon lawan Indonesia di SEA Games Kuala Lumpur mendatang seperti Thailand dan Vietnam juga turut serta dalam kejuaraan ini.

"Kita bisa lihat permainan calon lawan kita di SEA Games nanti, tentunya kejuaraan ini sangat bermanfaat bagi insan bola voli di Indonesia," ujar lmam, menjelaskan.

Imam mengharapkan, kejuaraan ini bisa dijadikan ajang uji coba Tim Putra Indonesia menghadapi SEA Games XXIX/2017 yang akan berlangsung di Kuala Lumpur. Malaysia, Agustus 2017.

"Dari kejuaraan ini kami bisa melihat strategi di SEA Games nanti yang ditargetkan meraih medali emas," katanya.

Ketua Panitia Pelaksanaan Kejuaraan, Heyzer Harsono mengatakan, kejuaraan ini terselenggara atas kerja sama dengan Bank BNl, Petrokimia Gresik, Kabupaten Gresik dan Polda Jatim.

Heyzer yang juga Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PP PBVSI ini mengatakan pada kejuaraan sebelumnya dua tahun lalu di Iran, Jepang menjadi juara, namun Tim Putra lndonesia tidak ikut karena alasan teknik, dan terakhir ikut pada 2011 yang juga digelar di Iran.

"Saat ini seluruh tim kini sudah di Surabaya dan ditampung di Hotel Wyndham Surabaya, tinggal pelaksana, sehingga mudah-mudahan tidak ada halangan," kata dia.

Sementara itu, 16 negara yang ikut adalah Arab Saudi, Australia,  Tiongkok, Hongkong, Indonesia, Irak, Iran, Jepang, Korea, Kazakhtan, Pakistan, Qatar, Srilangka, Thailand, Vietnam dan Taipe.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017