Sidoarjo (Antara Jatim) - Jajaran Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur, mengoptimalan penjagaan terutama di gerbang masuk Markas Polresta Sidoarjo untuk menghindari tindakan-tindakan orang yang tidak bertanggung jawab.

Kepala Bagian Operasional Polresta Sidoarjo, Komisaris Polisi Edi Santoso, Selasa mengatakan, penjagaan ini dilakukan sebagai bentuk implementasi dari standar operasi prosedur (SOP) yang sudah ada.

"Kami juga mempertebal penjagaan di masing-masing titik khususnya di gerbang masuk Mapolres supaya siapa saja yang ingin masuk bisa terdeteksi dengan baik," katanya.

Ia mengemukakan, salah satu bentuk pertebal penjagaan ini adalah dengan memeriksa setiap orang yang masuk, termasuk perintah melepas penutup kepala seperti helem dan juga melepas jaket.

"Sedangkan untuk kendaraan roda empat, kami akan meminta pengemudi untuk membuka seluruh jendela supaya petugas bisa melihat isi dari kendaraan tersebut," ujarnya.

Ia menjelaskan, yang tidak kalah pentingnya adalah kesiapsiagaan personel untuk membantu pengamanan ini supaya masyarakat yang hendak berbuat jahat bisa segera terdeteksi dengan cepat.

"Anggota juga disiagakan dengan senjata laras panjang dan laras pendek, tidak boleh ada anggota yang lengah selama melaksanakan tugasnya ini," ujarnya.

Ia menambahkan, beberapa bagian penting yang juga turut menjadi titik pengamanan ini adalah penggunaan kamera pengintai yang ditempatkan di sejumlah titik.

"Baik itu di dalam ruangan dan juga di luar ruangan, untuk memantau seluruh pergerakan yang ada di dalam lingkungan Polresta Sidoarjo ini," ujarnya.(*)
Video oleh: Indra Setiawan


Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017