Sumenep (Antara Jatim) - Sebanyak 663 wisawatan mancanegara (wisman) berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, selama Januari hingga pertengahan Juli 2017 atau masih kecil dibandingkan target pada 2017 sebanyak 5.000 orang.

"Angkanya memang masih kecil jika dibanding target kunjungan wisman yang kami inginkan pada tahun ini, yakni sebanyak 5.000 orang," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Selasa.

Ia optimistis target kunjungan wisman sebanyak 5.000 orang pada tahun ini akan terealisasi.

Alasannya, selama lima bulan tersisa (Agustus-Desember 2017) akan banyak kegiatan kepariwisataan yang digagas Disparbudpora Sumenep.

"Jangan bandingkan jumlah sementara wisman yang telah berkunjung ke Sumenep dengan jumlah bulan tersisa pada tahun ini. Lima bulan ke depan akan banyak kegiatan kepariwisataan," ujarnya, menambahkan.

Selain itu, masih ada lima hingga enam rombongan wisman lagi yang telah terjadwal berkunjung ke Sumenep pada lima bulan ke depan.

Sofi, sapaan Sufiyanto itu juga mengemukakan, pihaknya bersama jajarannya terus berkoordinasi dengan semua pemangku kepentingan lainnya guna menggenjot jumlah kunjungan wisman ke Sumenep.

Pembenahan fasilitas objek wisata terus dilakukan seiring dengan promosi kepada para pihak terkait, supaya wisman yang berkunjung ke Sumenep merasa lebih nyaman dan betah.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin mendatangkan wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisman ke Sumenep. Sinergi dengan biro perjalanan wisata terus dilakukan oleh kami," katanya.

Sesuai data di Disparbudpora Sumenep, jumlah wisman yang berkunjung ke objek wisata setempat pada 2014 sebanyak 417 orang dan 2015 sebanyak 1.332 orang. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017