Surabaya (Antara Jatim) - Ketua Umum Jalalasenastri Endah Ade Supandi mengapresiasi gelaran lomba kolintang antarsatuan yang diselenggarakan Badan Koordinasi Jalasenastri Surabaya di Koarmatim, Senin.

"Ini merupakan kegiatan yang sangat layak diapresiasi karena menunjukkan kreatifitas-kreatifitas para ibu-ibu yang tergabung di Jalasenastri atau Persatuan Istri Prajurit TNI AL," ujarnya di sela meninjau perlombaan.

Tak hanya lomba kolintang, pada kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-71 Jalasenastri tersebut juga terdapat lomba menari tunggal hingga merias kue tar.

Menurut istri Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi tersebut, ajang ini selaras dengan tema yang diusung dalam peringatan hari jadi, yakni "Jalasenastri bertekad meningkatkan kualitas keluarga prajurit yang kreatif, guna mendukung terwujudnya TNI Angkatan Laut yang Hebat, Kuat, Profesional dan Dicintai Rakyat".

"Kita lihat bersama, ibu-ibu anggota  jalasenastri begitu pintar, lincah, sabar, tekun dan kreatif. Hal itu diharapkan menjadi pemicu bagi anggota lainnya untuk lebih kreatif menggali potensi diri guna kesejahteraan keluarga tercinta," ucapnya.

Ia juga menyampaikan ajang ini sebagai wujud kepedulian Jalasenastri  untuk melestarikan budaya daerah dan kearifan lokal Indonesia, kemudian memberikan wadah penyaluran hobi dan bakat bagi anggota.

"Ajang ini sekaligus membina silaturahim di antara anggota di Bakor Jalasenastri Surabaya," ucapnya.

Sementara itu, gelaran lomba kolintang, kata dia, karena kesenian asal Sulawesi Utara tersebut bisa dibilang sudah identik dengan kesenian di Jalasenastri, bahkan di setiap satuan di jajaran TNI AL hampir semua memiliki serta dimainkan oleh anggota Jalasenastrinya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Bakor Jalasenastri Surabaya yang juga Ketua Korcav V DJAT selaku ketua panitia lomba mengatakan bahwa kegiataj ini diikuti Kotama dan Satuan TNI AL di wilayah Surabaya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017