Sumenep (Antara Jatim) - Manajemen PT Wings Abadi (Wings Air), Senin siang, menyurvei fasilitas di Bandara Trunojoyo Sumenep guna menindaklanjuti rencana membuka jalur baru penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya, Jawa Timur.

"Kami sebenarnya sudah lama ingin beroperasi di rute Sumenep-Surabaya. Kedatangan kami ke Sumenep untuk melihat dan mengecek kesiapan teknis Bandara Trunojoyo," ujar Ground Operations Manager Wilayah Barat Wings Air Edy Guritno di Sumenep, Senin.

Edy datang ke Sumenep bersama sejumlah stafnya dan diterima langsung oleh pimpinan dan staf Bandara Trunojoyo.

"Hingga sekarang memang masih ada objek penghambat keselamatan penerbangan pesawat jenis ATR-72. Namun, sesuai hasil koordinasi antara Otoritas Bandara Trunojoyo dengan Pemkab Sumenep, sudah ada kesiapan untuk menyelesaikan persoalan tersebut," kata Edy, menerangkan.

Objek penghambat keselamatan penerbangan pesawat jenis ATR-72 itu adalah bangunan dua lantai milik SMA PGRI Sumenep yang posisinya berada di sebelah barat ujung landas pacu Bandara Trunojoyo.

Sebelumnya, Wings Air memang berencana membuka jalur baru penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya dengan menggunakan pesawat jenis ATR-72 atau berkapasitas sekitar 70 penumpang.

Sementara Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo memastikan pihak terkait di pemerintah daerah setempat akan secepatnya menyelesaikan persoalan tentang masih adanya objek penghambat keselamatan penerbangan pesawat jenis ATR-72.

"Alhamdulillah, sudah ada titik temu. Pemkab Sumenep berjanji akan secepatnya menyelesaikan persoalan objek penghambat tersebut supaya rencana penerbangan komersial dengan menggunakan pesawat ATR-72 segera terwujud," katanya. 

Sejak beberapa tahun lalu, pihak terkait di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus bersinergi dengan Pemkab Sumenep untuk mengembangkan atau membenahi fasilitas di Bandara Trunojoyo.

Program pengembangan itu bertujuan supaya Bandara Trunojoyo menjadi bagian dari jalur penerbangan komersial.

Saat ini, Bandara Trunojoyo memiliki landas pacu pesawat sepanjang 1.600 meter dengan lebar 30 meter yang berarti secara teknis sudah memenuhi syarat untuk aktivitas penerbangan pesawat berkapasitas sekitar 70 penumpang. (*)
Video oleh: Slamet Hidayat

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017