Sumenep (Antara Jatim) - Kelompok musik yang personelnya warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II-B Sumenep, Jawa Timur, Minggu, memeriahkan perayaan Hari Antinarkotika Internasional ("HANI") 2017.

"Alhamdulillah, keberadaan kelompok musik Rutan Sumenep mulai dikenal publik dan diberi kesempatan ikut mengisi acara yang digagas Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumenep," ujar Kepala Rutan Sumenep, Ketut Akbar di Sumenep, Minggu.

Perayaan HANI 2017 yang digagas BNN Sumenep itu digelar di Lapangan Gotong Royong di Kecamatan Kota dan menampilkan sejumlah atraksi, salah satunya kelompok musik Rutan Sumenep.

Dalam kesempatan itu, kelompok musik yang personel intinya terdiri atas empat narapidana perkara narkoba tersebut menyanyikan dua lagu ciptaan mereka, yakni "Penyesalan" dan "Asap Setan".

Penampilan mereka mendapat respons positif dari ratusan warga yang menghadiri perayaan HANI 2017 di Lapangan Gotong Royong, termasuk Bupati Sumenep A Busyro Karim.

Bahkan, sebagian peserta meminta kelompok musik Rutan Sumenep itu kembali menyanyikan lagu "Penyesalan" yang liriknya memang gampang dihafal.

Setelah tampil di Lapangan Gotong Royong tersebut ternyata elemen masyarakat tertentu yang hadir dalam perayaan HANI 2017 itu ingin mengundang kelompok musik Rutan Sumenep.

"Relawan Antinarkoba Sumenep ingin melibatkan kelompok musik kami dalam salah satu kegiatannya. Permohonan tersebut akan dibicarakan lebih dulu di internal kami," kata Akbar, menerangkan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BNN Sumenep yang melibatkan kelompok musik Rutan Sumenep dalam kegiatannya dan selanjutnya keberadaannya dikenal oleh publik.

"Penampilan kelompok musik kami di Lapangan Gotong Royong ini memang yang pertama kali di area luar Rutan Sumenep. Sebelumnya, mereka hanya tampil di acara di dalam Rutan Sumenep," ujarnya.

Selain kelompok musik, kelompok kreatif Rutan Sumenep yang memproduksi aneka kerajinan tangan juga dilibatkan dalam perayaan HANI 2017.

Secara keseluruhan terdapat 15 warga binaan Rutan Sumenep, baik di kelompok musik dan kelompok kreatif, yang diajak hadir dalam perayaan HANI 2017 di Lapangan Gotong Royong.

Selama kegiatan berlangsung, petugas Rutan Sumenep mengawasi dan mendampingi 15 warga binaan tersebut guna menghindari hal-hal tak diinginkan. (*)
Video oleh: Slamet Hidayat

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017