Surabaya (Antara Jatim) - Duta Besar Turki untuk Indonesia Dr M.K. Sander Gurbuz mengunjungi kantor Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur di Surabaya, dan diterima Ketua Umum Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattaliti, Kamis.

"Kedatangan Dubes Turki untuk Indonesia ke kantor Kadin Jatim ini adalah upaya keseriusan negara tersebut untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dengan Jawa Timur," kata La Nyalla, usai pertemuan itu di Surabaya.

Menurut La Nyalla, selama ini kerja sama antara Provinsi Jatim dengan Turki sudah terjalin lama, dan di sektor perdagangan ekspor Jatim ke Turki dalam setiap tahun rata-rata mencapai 87 juta dolar AS hingga 94 juta dolar AS.

"Kontribusinya masih sangat kecil, dan kami harapkan dengan adanya kunjungan Dubes Turki bisa meningkatkan kerja sama tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, data Kementerian Perindustrian RI mencatat realisasi ekspor Jatim ke Turki pada 2016 mencapai 93,50 juta dolar AS, dan hanya berkontribusi sebesar 0,49 persen dari total ekspor Jatim pada tahun 2016 yang mencapai 18,952 miliar dolar AS.

"Kami berupaya mengenalkan mereka tentang Jatim, tentang potensi bisnis dan investasi yang bisa dikerjasamakan. Mereka pun terlihat sangat antusias," ucapnya.

Sementara itu, Sander Gurbuz mengaku kunjungannya ke Kantor Kadin Jatim adalah upaya lanjutan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Turki beberapa waktu lalu untuk mempererat kerja sama kedua negara.

Menurutnya, banyak peluang bisnis dan investasi yang bisa dikerjasamakan dengan Jatim, mulai dari energi, pariwisata hingga sektor pendidikan dan penerbangan.

"Turki adalah negara yang memiliki banyak potensi yang bisa dikerjasamakan, di antaranya industri galangan kapal, industri pariwisata dan pendidikan. Bahkan untuk sektor wisata Turki yang terbesar ke 4 di dunia," tuturnya.

Gurbuz mengaku sangat terkesan dengan sambutan pelaku usaha dan pemerintah di Jawa Timur, sebab sangat terbuka dan memberikan banyak kemudahan.

"Kondisi politik dan pemerintahan di sini juga sangat kondusif. Dan kita juga sama-sama negara Islam," katanya.(*)
Video oleh: Abdul Malik Ibrahim

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017