Sumenep (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyelesaikan rencana rinci pembangunan sejumlah objek wisata sebagai pedoman pengembangan kepariwisataan setempat.

"Semua potensi dan objek wisata di Sumenep yang akan dikembangkan oleh pemerintah daerah akan disiapkan rencana rinci pembangunannya. Namun, memang harus bertahap," kata Bupati Sumenep, A Busyro Karim di Sumenep, Selasa sore.

Pada Selasa sore, Busyro menghadiri halalbihalal dan bincang santai tentang pengembangan wisata yang digagas pengurus Forum Wartawan Pariwisata Indonesia (Forwapar) Sumenep di Taman Tectona di Desa Torbang, Kecamatan Batuan.

Penyusunan rencana rinci pembangunan sejumlah objek wisata di Sumenep yang telah diselesaikan oleh pihak terkait di pemerintah daerah, di antaranya untuk Pulau Giliyang di Kecamatan Dungkek dan Pulau Gililabak di Talango.

"Kami di pemerintah daerah serius untuk mengembangkan kepariwisataan yang salah satu tujuan jangka pendeknya adalah persiapan Program Tahun Kunjungan Wisata Sumenep 2018," ujarnya, menerangkan.

Busyro pun berharap semua elemen masyarakat, termasuk kalangan wartawan ikut mendukung program yang telah dicanangkan pemerintah daerah.

Pengembangan kepariwisataan tanpa dukungan masyarakat dinilainya akan menemui banyak hambatan dan kendala di lapangan.

"Kami juga sudah meminta pimpinan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) terkait untuk membina dan bersinergi dengan warga sekitar. Jangan sampai warga sekitar objek wisata ditinggalkan," katanya, menegaskan.

Wakil Bupati Sumenep A Fauzi dan pimpinan sejumlah SOPD di lingkungan pemerintah daerah ikut hadir dalam halalbihalal dan bincang santai tentang pengembangan wisata yang digagas pengurus Forwapar setempat. (*)
Video oleh: Slamet Hidayat

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017