Surabaya (Antara Jatim) - Sebanyak 145 prajurit Korps Marinir Wilayah Timur (Marwiltim) mengikuti Pekan Olahraga Wilayah Timur (Porwiltim) tahun 2017, dengan mempertandingkan empat cabang olah raga.

Dankodiklatal Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H., mewakili Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P, Senin mengatakan, kontingen Marwiltim berkekuatan 145 orang, terdiri dari 25 official dan 120 atlet.

"Mereka mengikuti empat cabang olah raga yang dipertandingkan yaitu bola voli putra putri, tenis lapangan putra putri, bulu tangkis putra putri dan sepak bola," katanya saat pembukaan kegiatan di Lapangan Wijaya Kusuma AAL Bumimoro, Surabaya, Senin.

Dalam keterangan tertulisnya, dia mengatakan, pada kegiatan Porwiltim tahun 2017 digelar mulai tanggal 10 sampai dengan 14 Juli 2017 diikuti oleh enam kontingen yaitu Koarmatim, Kodiklatal, AAL, Marinir Wilayah Timur (Marwiltim), Gabungan Lantamal Wilayah Timur dan Gabungan UPT Mabesal (Balakpus Mabesal, STTAL, Puspenerbal dan RSAL dr. Ramelan Surabaya).

Dalam amanatnya, Pangarmatim yang disampaikan Dankodiklatal menyampaikan mengatakan dengan Porwiltim diharapkan kontuinitas pembinaan olahraga yang telah dilakukan akan menghasilkan tingkat kesamaptaan jasmani personel TNI AL yang optimal.

"Selain itu, Porwiltim yang berisi kegiatan pertandingan maupun lomba olahraga juga menjadi parameter untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan pembinaan yanus-yanus olahraga di satuan masing-masing dalam kurun satu tahun terakhir," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan Porwiltim ini merupakan ajang seleksi bagi atlet-atlet TNI AL dalam rangka menghadapi kegiatan perlombaan pada tingkat nasional maupun internasional.

Panglima mengharapkan kepada seluruh atlet yang terlibat dalam pertandingan Porwiltim tahun 2017 agar senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas.

"Hal ini sangat penting guna tetap menjaga agar semua pertandingan dilaksanakan secara "fair play", tertib, aman dan lancar," ujarnya.

Menuruntya, di dalam setiap pertandingan selalu menghasilkan dua hal, yaitu kalah dan menang.

"Untuk itu tunjukkanlah sikap kedewasaan dalam perjuangan diarena pertandingan dengan semangat juang yang tingi dilandasi oleh sportifitas dan jiwa besar, bila dalam suatu pertandingan meraih kemenangan janganlah bersikap yang berlebihan hingga membuat lupa diri, sebaliknya kalaupun harus kalah janganlah berputus asa dan berkecil hati, segera berikan ucapan pengakuan bahwa lawan lebih baik," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima juga mengucapkan selamat bertugas kepada juri atau wasit, pelatih, "official" dan panitia penyelenggara serta semua pihak yang terlibat dalam Porwiltim tahun 2017.

"Sehingga melalui kegiatan ini akan melahirkan atlet-atlet yang dapat diandalkan untuk bisa tampil pada kegiatan yang lebih besar, baik ditingkat internal TNI AL, antarangkatan maupun tingkat nasional bahkan internasional," katanya.
 
Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Pangkotama TNI AL wilayah Surabaya serta seluruh atlet yang akan turut serta dalam Porwiltim tahun 2017 ini, juga dimeriahkan dengan demontrasi beladiri dan terjun payung, seluruh kegiatan diakhiri dengan defile atlet.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017