Surabaya, (Antara Jatim) - PT PLN Distribusi Jawa Timur kini menyiapkan pembangunan dua gardu induk masing-masing di wilayah Kedinding dan Kalisari, Surabaya untuk menyediakan pasokan listrik transportasi massal yang digagas pemkot setempat.

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jawa Timur, Pinto Raharjo di Surabaya, Kamis mengatakan dua gardu induk itu sengaja disiapkan untuk mendukung Pemkot Surabaya, sebagai infrastruktur penunjang.

"Saat ini keberadaan pasokan energi listrik di Jawa Timur surplus, dan menjadi menjadi daya tarik bagi investor untuk mengembangkan usahanya, seperti rencana Pemkot Surabaya yang akan pembangunan sarana transportasi massal bertenaga listrik trem," tuturnya.

Ia mengatakan, secara umum PT PLN Distribusi Jawa Timur siap menyediakan pasokan tenaga listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasionalkan transportasi massal yang digagas Pemkot Surabaya.

"Keberadaan dua gardu induk itu nantinya memiliki kapasitas 1×60 Megawatt (Mw), dan membantu pasokan listrik di daerah Kenjeran dan Wilayah Kalisari Surabaya," ucapnya.

Dengan adanya dua gardu induk, Pinto menjamin masyarakat dan pemerintah Kota Surabaya tidak perlu khawatir kebutuhan pasokan listik untuk moda transportasi massal.

"Kami juga telah menyiapkan sumber pasokan lain. Di antaranya adalah PLTGU Grati Pasuruan yang memiliki daya maksimal 2 x 450 MW yang diperkirakan pada tahun 2018 mendatang PLTGU Grati dapat beroperasi penuh," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017