Bondowoso (Antara Jatim) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, mencatat peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke sejumlah objek wisata di Kota Tapai itu.

"Dalam rekapitulasi data kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada triwulan kedua tahun ini (2017) (April, Mei, Juni) jumlahnya mencapai 6.720 orang," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bondowoso Adi Sunaryadi di Bondowoso, Selasa.

Wisman tersebut berasal dari sejumlah negara di Eropa seperti Belanda, Swedia, Prancis, Amerika Serikat, dan Belgia, serta dari Malaysia, dan Singapura.

Rekapitulasi kunjungan pada triwulan pertama atau setiap tiga bulan (Januari, Februari, Maret), lanjut dia, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Bondowoso hanya 3.876 orang.

Jumlah total keseluruhan kunjungan wisatawan mancanegara dari rekapitulasi data kunjungan triwulan pertama dan triwulan kedua, katanya, berjumlah sebanyak 10.596 orang.

"Dalam catatan kami wisatawan mancanegara paling banyak berkunjung ke objek wisata Kawah Ijen dan Kawah Wurung serta pemandian air panas serta pendakian Gunung Raung yang lokasinya di Kecamatan Ijen," ucapnya.

Adi menyebutkan, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke objek wisata yang terkenal dengan api birunya itu dalam data rekapitulasi triwulan pertama dan triwulan kedua tercatat sebanyak 6.850 orang.

"Kalau jumlah pengunjung keseluruhan baik wisatawan lokal dan dari luar daerah (wisatawan nusantara) dan wisatawan mancanegara pada triwulan satu dan triwulan dua yakni sebanyak 219.116 pengunjung. Dari jumlah tersebut bila dibandingkan jumlah pengunjung tahun sebelumnya meningkat pesat karena pada tahun lalu hanya sekitar 100 ribu pengunjung dalam satu tahun," paparnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017