Malang (Antara Jatim) - Wali Kota Malang Moch Anton pada hari pertama masuk kerja setelah libur panjang cuti bersama Lebaran 2017, menggelar "roadshow" untuk menyambangi (mengunjungi) sejumlah kiai yang ada di kota itu, Senin.

"Kunjungan ini untuk menjalin silaturahim antara Pemkot Malang dengan alim ulama demi menjaga kondusivitas di wilayah ini. Sekarang kan masih Syawal dan suasana Lebaran. Oleh karena itu kami menyempatkan sowan ke beberapa kiai yang ada di daerah ini," kata Moch Anton di Malang, Jawa Timur.

Dalam kunjungannya ke kediaman sejumlah kiai itu, Wali Kota Malang Moch Anton didampingi beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat dan para pejabat anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Malang.

Menurut Anton, ulama (kiai) memiliki peran penting dalam berjalannya roda pemerintahan di Kota Malang. Oleh karena itu, dirinya terus berupaya membangun komunikasi dan kekuatan bersama para ulama. "Peran ulama dalam pembangunan Kota Malang sangat strategis. Para kiai ini membantu menciptakan suasana kondusif, aman, dan nyaman, seperti yang kami ambakan," ujarnya.

Ia mengakui pentingnya pemerintah membangun kekuatan bersama para ulama untuk memperkuat keutuhan NKRI. "Harapan kami ada sinergitas dan kerja sama  yang baik dan erat antara ulama dan Pemkot Malang maupun isntansi lainnya untuk memperkokoh NKRI," katanya.

Sejumlah kiai yang dkunjungi Wali Kota Malang bersama Forkompimda tersebut, di antaranya adalah Kiai Baidowi Muslich (Ketua MUI Kota Malang). Selanjutnya, ke Pondok Pesantren Miftahul Huda, Gading Pesantren, Daarul Falah Plaosan, kediaman KH Ahmad Arif Yahya, ke kediaman Gus Lukman Alkarim (Ponpes Bahrl Maghfiroh), dan terakhir ke kediaman Gus Toha Mahfudz (Ponpes Hidayatul Mubtadiin).

Sebelum roadshow mengunjungi sejumlah kiai di kota pendidikan itu, Moch Anton bersama Forkompimda dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non-ASN di lingkungan Pemkot Malang menggelar halal bihalal di halaman Balai Kota Malang.

Jika Wali Kota Malang Moch Anton menggelar roadshow mengunjungi sejumlah kiai, Wakil Wali Kota Malang Sutiaji melakukan inspeksi mendadak ke perkantoran terpadu di Kedungkandang, yakni Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kantor Pelayanan Perizinan Satu Pintu, dan Kantor Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D).
 
"Dari hasil inspseksi emndadak ini memang ada beberapa PNS tidak masuk pada hari pertama usai libur panjang Lebaran karena izin. Mereka izin karena sakit dan ada yang keluarganya meninggal," tutur Sutiaji.

Sementara itu, halal bihalal yang digelar Pemkot Batu dimeriahkan sejumlah artis nasional, seperti Bimbo, Judika, Armada, dan The Virgoun. Halal bihalal tesrebut bertajuk "Konser Gebyar Ketupat Sajadah Panjang" yang digelar di Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Selain dimeriahkan artis nasional, Pemkot Batu juga menyediakan sekitar 7.000 porsi makanan untuk warga yang hadir. Konser dimulai sejak pagi hingga malam an akan ditutup dengan penampilan Judika serta Bimbo.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017