Situbondo (Antara Jatim) - Pendapatan sewa perahu layar di objek Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, meningkat seiring banyaknya pengunjung yang datang ke destinasi pantai itu selama masa libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Sejak hari kedua Lebaran 2017 hingga 'H+6' pemilik perahu layar yang disewakan kepada pengunjung di objek Wisata Bahari Pasir Putih, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, ini rata-rata meningkat hingga 150 persen dibanding hari biasanya," ujar Dimas Susanto, salah seorang pemilik perahu layar di Situbondo, Minggu.

Ia menyebutkan, bila hari-hari biasa (bukan liburan) pendapatan puluhan pemilik perahu layar antara Rp300 ribu hingga Rp400 ribu per hari, sedangkan saat libur Lebaran 2017 pendapatannya meningkat menjadi Rp600 ribu hingga Rp700 ribu per hari.

Peningkatan pendapatan sewa perahu layar itu, katanya, juga tergantung kepada peminat para pengunjung wisata yang menyewa perahu layar untuk berkeliling di laut sekitar objek wisata pantai yang memiliki pasir putih tersebut.

"Kadang-kadang juga banyak pengunjung tetapi tidak naik perahu dan kalau libur Lebaran seperti tahun ini lumayan banyak wisatawan yang menyewa perahu layar kami. Dan kami memasang tarif satu kali jalan Rp150 ribu maksimal tujuh orang," paparnya.

Tidak hanya sewa perahu layar yang meningkat, lanjut dia, sewa ban dan perahu kanu juga paling banyak diminati pengunjung untuk bermain dan berenang di pantai.

"Kalau sewa ban mulai dari Rp5 ribu hingga Rp10 ribu tergantung besar kecil ukuran bannya, sedangkan perahu kanu disewakan mulai dari Rp25 ribu per jam ukuran kecil, ukuran sedang Rp35 ribu per jam dan perahu kanu ukuran besar Rp75 ribu per jamnya," tuturnya.

Dimas menambahkan, meningkatnya kunjungan wisatawan ke objek wisata Pasir Putih sangat berdampak pada perekonomian pemilik perahu layar dan sewa ban serta perahu kanu dan bahkan juga kepada para pedagang di sekitar lokasi wisata. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017