Madiun (Antara Jatim) - Penumpang arus balik Lebaran tahun 2017 yang menggunakan jasa transportasi kereta api di sejumlah stasiun wilayah PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun pada H+1 (27/6) terpantau belum ramai.

"Untuk arus balik di sejumlah stasiun wilayah Daop 7 Madiun masih terpantau landai. Hal itu dikarenakan liburan lebaran masih panjang," ujar Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Supriyanto kepada wartawan, Rabu.
     
Data Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun mencatat, jumlah penumpang yang naik atau berangkat dari sejumlah stasiun wilayah Daop Madiun secara rinci pada H+1 (27/6) mencapai 20.302 orang. 
     
Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2016 yang hanya mencapai 16.294 orang. 
     
Pihaknya memperkirakan jumlah penumpang arus balik atau berangkat dari stasiun-stasiun wilayah Daop 7 Madiun masih terus bertambah.
     
"Diperkirakan paling ramai nanti pada hari Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7) seiring dengan berakhirnya liburan cuti bersama para pegawai," kata dia.
     
Sementara, meski hari H lebaran sudah berlalu, jumlah penumpang kedatangan atau arus mudik di wilayah kerjanya terpantau masih tinggi.
     
Data mencatat, jumlah penumpang yang turun di stasiun-stasiun wilayah Daop 7 Madiun pada H+1 (27/6) mencapai 18.999 orang. Jumlah tersebut menurun dari sehari sebelumnya yang tercatat sebagai puncak arus mudik atau kedatangan di Daop Madiun yang mencapai 20.463 orang. 
     
Supriyanto menjelaskan, masih tingginya penumpang kereta api yang melakukan perjalanan mudik meski hari H lebaran telah berlalu disebabkan karena panjangnya liburan cuti bersama yang mencapai hampir satu minggu penuh.
     
Hal itu membuat orang lebih leluasa melakukan perjalanan mudik ke sejumlah saudara di kota-kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah.
     
"Selain itu, disediakannya rangkaian tambahan KA Lebaran oleh PT KAI (Persero), dinilai juga ikut mempengaruhi," kata dia.
     
Dimana pada tahun 2016 hanya tersedia 10 perjalanan KA tambahan lebaran. Sedangkan pada tahun 2017 ini terdapat 14 perjalanan KA tambahan lebaran. 
     
Sementara, secara total jumlah penumpang naik atau keberangkatan dari stasiun Daop 7 Madiun pada H-10 (15/6) hingga H+1 (27/6) Lebaran 2017 telah mencapai 138.036 orang. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017