Surabaya (Antara Jatim) - Pendeta Kristen di Jawa Timur yang tergabung dalam Badan Musyawarah Antargereja (Bamag) Indonesia mendorong Khofifah Indar Parawansa maju mencalonkan diri dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur yang dijadwalkan berlangsung tahun 2018. 
     
Ketua Umum Bamag Indonesia Agus Susanto yang dikonfirmasi usai bersilaturahmi dalam acara "Open House" di kediaman Khofifah Indar Parawansa, Jalan Jemursari VIII Surabaya, Senin menilai sosok perempuan yang kini menjabat Menteri Sosial Republik Indonesia itu cukup mumpuni untuk maju di Pilgub Jatim. 
     
"Tadi kami memang sempat berbincang secara khusus tentang Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur ke depan, selain juga tentang kepentingan Indonesa agar bisa terakomodasi di Jawa Timur," ujarnya.
     
Dalam kegiatan "Open House" yang digelar Menteri Khofifah itu, Agus mengajak sejumlah pendeta Kristen dari wilayah Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Gresik, untuk bersilaturahmi dalam rangka Idul Fitri.  
     
"Kami datang kemari sebagai perwakilan umat Kristen untuk mengucapkan selamat Lebaran kepada Ibu Khofifah yang kami pandang sebagai tokoh perempuan Indonesia asal Jawa Timur," katanya. 
     
Dia mengatakan hubungan umat Kristen dan Muslim di Jawa Timur sudah lama terjalin erat berkat upaya Khofifah sebagai Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU).
     
"Jadi sejak Bu Khofifah belum menjabat sebagai Menteri Sosial, beliau sebagai Ketua Umum Muslimat NU selama ini telah mengupayakan hubungan yang erat antara umat Kristen dan Muslim di Jawa Timur," katanya.
     
Dalam hal ini, Agus menilai, Khofifah telah membuktikan sebagai seorang tokoh perempuan yang mampu membangun keutuhan Indonesia.
     
"Tali silaturahmi antara umat Kristen dan Muslim Indonesia, di Jawa Timur khususnya, sudah lama prosesnya berkat upaya Ibu Khofifah selama menjabat Ketua Umum Muslimat NU. Sehingga hubungan antara ibu khofifah yang beragama muslim dengan kami yang beragama Kristen tidak bisa dipisahkan oleh apapun di Indonesia," katanya.
     
Sejak lama sebelum menjabat Menteri Sosial, menurut dia, Khofifah sebagai Ketua Umum Muslimat NU telah terbukti teguh membangun konstruksi kerukunan antarumat beragama.
     
"Figur Bu khofifah tidak hanya sebagai tokoh perempuan di Jawa Timur, pemikirannya terkait kerukunan antarumat beragama sudah pada tingkat nasional bahkan internasional. Karenanya kami sangat mendukung kalau beliau mau maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur pada pemilihan tahun depan," ujarnya. 
     
Khofifah merasa tersanjung dan mengucapkan terima kasih atas kedatangan tamu dari para pendeta Kristen Jawa Timur tersebut. Terlepas dorongan mereka atas pencalonan dirinya maju Pilgub Jatim tahun depan, Khofifah mengatakan, tak hanya warga Jawa Timur, seluruh bangsa Indonesia saat ini butuh merevitalisasi bagunan kasih dan persaudaraan antarumat beragama.
     
"Hari Raya Idul Fitri saat ini adalah momen yang tepat untuk merevitalisasi bangunan kasih dan persaudaraan antarumat beragama," katanya. (*)
Video oleh: Hanif Nasrullah

Pewarta: Hanif N

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017