Surabaya (Antara Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Perak Surabaya mencatat sebanyak 8.391 pemudik menggunakan angkutan kapal laut dari berbagai jurusan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya hari ini, yang merupakan H-1 Lebaran.
     
Asisten Manager Terminal Penumpang dan Roll On Roll Off (Roro) PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya Pitria Kumalasari, dikonfirmasi Sabtu malam, mengatakan terdapat empat kapal penumpang yang sepanjang hari ini berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
     
Dua di antaranya adalah kapal penumpang milik PT Pelayaran Indonesia (Pelni), yaitu Kapal Motor (KM) Sinabung, yang berlayar dari Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, dan KM Awu yang berlayar dari Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah.
     
"Selain itu juga ada dua kapal roro yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya hari ini, yaitu KM Mahkota Nusantara yang berlayar dari Pelabuhan Ende, Nusa Tenggara Timur, dan KM Kirana yang berlayar dari Pelabuhan Batulicin, Kalimantan Selatan," katanya.
     
Dia merinci Kapal Pelni KM Sinabung dari Makassar mengangkut sebanyak 2.800 penumpang, serta KM Awu  dari Kumai mengangkut sebanyak 1.591 penumpang. 
     
"Sedangkan untuk dua kapal roro yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya  hari ini tadi masing-masing mengankut 500 orang penumpang," katanya. 
     
Selain empat kapal tersebut yang telah sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya hingga sore tadi, Pitria mengatakan, masih ada dua kapal penumpang milik PT Pelni lainnya yang akan berlabuh di Surabaya nanti malam.    
     
Masing-masing adalah KM Tidar yang berlayar dari Pelabuhan Ambon dan Makassar, serta KM Dorolonda yang berlayar dari Jakarta. 
     
"Perkiraan KM Tidar mengangkut sekitar 3000 penumpang. Jadwalnya sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sebelum pukul 24.00 WIB nanti malam," katanya.
     
Sedangkan untuk KM Dorolonda yang berlayar dari Jakarta, menurut dia, biasanya tidak ada penumpangnya.
     
"Sebab arus mudik tidak ada yang datang dari Jakarta, kebanyakan dari pelabuhan-pelabuhan dari wilayah Indonesia Timur semua," katanya.
     
Dengan begitu, kedatangan keseluruhan empat kapal penumpang milik PT Pelni dan dua kapal roro tersebut, PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya mencatat totalnya ada sebanyak 8.391 pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sepanjang hari ini, yang merupakan H-1 lebaran.
     
Namun Pitria belum berani menyebut kalau jumlah keseluruhan kedatangan penumpang pada hari ini merupakan puncak arus mudik lebaran 2017 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 
     
"Saya belum bisa pastikan kalau hari ini merupakan puncak arus mudik. Kalau dibandingkan dengan kedatangan penumpang sejak H-7 lebaran, kedatangan penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada hari ini memang yang terbanyak," katanya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017