Surabaya (Antara Jatim) - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Timur La Nyalla Mahmud Mattalitti memberangkatkam 13 armada bus mudik gratis dari Surabaya menuju berbagai daerah di Jatim, Sabtu.

"Program ini digelar atas kerja sama dengan Kadin Kota Surabaya dan didukung sejumlah pihak lainnya," ujar La Nyalla di sela pemberangkatan yang dilakukan di kawasan Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) tersebut.

Pemberangkatan hari ini merupakan tahap kedua setelah dilakukan pada tahap pertama sebanyak 21 armada bus dari kawasan industri Margomulyo, Jumat (23/6).

"Sehingga total ada 34 armada bus yang memberangkatkan ribuan pemudik yang mayoritas adalah buruh di Surabaya," ucap mantan ketua umum PSSI tersebut.

Menurut dia, program mudik gratis rutin dilakukan setiap tahunnya untuk membantu meringankan beban masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman karena tidak perlu mengeluarkan biaya.

Selain itu, kata dia, melalui program mudik gratis ini diharapkan angka kecelakaan lalu lintas bisa dikurangi karena ribuan orang berangkat bersama-sama dan tidak perlu menggunakan motor sendiri-sendiri.

"Sampaikan salam hormat kami kepada keluarga di kampungnya masing-masing, dan semoga selamat sampai tujuan," katanya.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Surabaya Jamhadi menjelaskan, selain diberi fasilitas transportasi gratis, program ini juga menyediakan bingkisan bekal bagi para pemudik selama dalam perjalanan.

"Semoga program tahunan ini bermanfaat. Kadin Jatim dan Kota Surabaya Insya Allah akan terus menggelar program serupa pada tahun depan untuk membantu masyarakat," katanya.

Program mudik gratis ini, lanjut dia, diikuti oleh para tenaga kerja berbagai perusahaan yang ada di Surabaya dan diharapkan tahun berikutnya digelar lebih besar lagi.

Sementara itu, dalam pemberangkatan mudik gratis ini juga hadir sejumlah perwakilan negara sahabat, antara lain para staf konsulat dari Amerika Serikat, Taiwan, dan Inggris. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017