Surabaya (Antara Jatim) – Gubernur Jawa Timur Soekarwo memberangkatkan 4.455 pemudik menggunakan bus peserta program mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi setempat pada Lebaran 2017.

"Program ini merupakan bentuk terima kasih kepada masyarakat Jatim yang telah berkontribusi besar tak hanya bagi Jatim, tapi juga Indonesia," ujarnya di sela memberangkatkan pemudik di depan kantor Dinas Perhubungan Jatim di Surabaya, Kamis.

Tahun ini, Pemprov Jatim menyediakan program mudik dan balik gratis dengan total penumpang 210.638 orang menggunakan berjumlah 777 bus.

Bus yang diberangkatkan dari kantor Dishub Jatim berjumlah 173 bus dan terbagi dua kloter, yakni hari ini 81 bus tujuan ke 20 kabupaten/kota di Jatim, serta 92 bus pada Jumat (23/6).

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa tradisi mudik gratis yang digelar setiap tahunnya menjadi tradisi penting Pemerintah dalam membantu rakyatnya.

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi Jatim mengucapkan terimakasih banyak bagi masyarakat Jawa Timur. Sekali lagi terima kasih dan selamat jalan semoga lancar sampai kembali ke rumah," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim ini. 

Mudik gratis ini, lanjut dia, menjadi konsep pengendalian spiritual, yaitu nilai-nilai yang baik di perkotaan, dibawa ke pedesaan dan sebaliknya.

"Mudik ini sebagai proses spiritual dan moralitas dalam dunia Islam, Indonesia menyumbangkan ini pada dunia Islam," kata mantan Sekdaprov tersebut.

Sementara itu, rute 81 bus mudik gratis kali ini yaitu Surabaya-Pacitan (11 bus), Surabaya-Jember-Banyuwangi (9 bus), Surabaya-Magetan (11 bus), Surabaya-Ponorogo (12 bus), Surabaya-Bojonegoro (2 bus) dan Surabaya-Tuban (1 bus).

Kemudian, Surabaya-Pamekasan (1 bus), Surabaya-Sumenep (2 bus), Surabaya-Malang-Blitar (2 bus), Surabaya-Jember (3 bus), Surabaya-Bondowoso (1 bus) serta Surabaya-Situbondo-Banyuwangi (2 bus). 

Rute lainnya adalah Surabaya-Kertosono-Trenggalek (6 bus), Surabaya-Pare-Trenggalek (1 bus), Surabaya-Tulungagung (2 bus), dan Surabaya-Kertosono-Kediri (1 bus), Surabaya-Madiun-Ngawi (3 bus), Surabaya-Karangjati-Ngawi (3 bus), Surabaya-Madiun (5 bus) dan Surabaya-Nganjuk (3 bus). (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017